BIODIVERSITAS IKAN AIR TAWAR SEBAGAI INDIKATOR KESEHATAN SUNGAI SA’UA

Main Article Content

Yan Piter Basman Ziraluo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman spesies ikan air tawar  yang hidup di Sungai Sa’ua sebagai indikator kesehatan sungai. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatitif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh bersumber dari kegiatan observasi lapangan yang dilakukan selama tiga bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Dari kegiatan pengamatan yang dilakukan diperoleh sepuluh jenis speses ikan yang terdapat di beberapa titik sungai. Penemuan jenis-jenis spesies ikan didapatkan disepanjang sungai sa’ua. Penyebaran ikan yang ditemukan tidak merata akibat kondisi sungai yang semakin memburuk akibat pencemaran dan penambangan yang dilakukan di beberapa titik sungai yang melewati pemukiman warga. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kondisi ekosistem sungai sa’ua masih normal namun apabila pencemaran sungai dan pengerukan pasir an batu disungai masih dilakukan akan berdampak negatif terhadap kondisi ekosistemnya.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. P. Ziraluo, “BIODIVERSITAS IKAN AIR TAWAR SEBAGAI INDIKATOR KESEHATAN SUNGAI SA’UA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 110, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Anwar, Desy. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Amelia:Surabaya.
Asdak, Chay. 2010. Hidrologi Dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai: Edisi revisi 3. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
Bungin, Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Dantes, Nyoman. 2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Andi Offset: Yogyakarta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Fitrah, Syawal& Irma Dewiyanti, Thaib Rizwa. 2016. Identifikasi Jenis Ikan Di Perairan Laguna Gampoeng Pulot Kecamatan Leupung Aceh Besar. Online, Vol. 1., No. 1.,( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan UnsyiahUniversitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh, diakses 20 Maret 2019) Hal 67.
Iqbal, Muhammad. 2011. Ikan-ikan Di Hutan Rawa Gambut Merang- Kepayang Dan Sekitarnya. Merang Redd Pilot Project: Palembang.
Kementerian Kelautan Dan Perikanan. 2012. Ikan Air Tawar Langka Di Indonesia. Indonesia.
Kuncoro, Budi. 2009. Ensiklopedia Populer Ikan Air Tawar. Lily Publisher ( Imprint Andi): Yogyakarta
Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif:Edisi Revisi.Remaja Rosdakarya:Bandung.
Palar, Heryando & Asmon Rialdi. 2009. Kamus Biologi. Rineka Cipta: Jakarta.
Rajo, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.
Radiopoetro. 2009. Zoologi. Erlangga: Jakarta.
Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif : Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya Edis pertama. GrahaIlmu: Yogyakarta.
Siemens Stem Day. The Key To It All. Science Tecnology Engineering Math, Online, diakses 19 maret 2019. Hal 7.
Sukmono, Tedjo, & Margaretha, Mira. 2017. Ikan Air Tawar Di Ekositem Bukit TigaPuluh. Yayasan Konservasi Ekosistem Hutan Sumatera dan Frankfurt Zoological Society: Jambi.
Wargasasmita, Sunarya. 2002. Ikan Air Tawar Endemik Sumatera Yang Terancam Punah. Online, Vol. 2., No. 2., ( Jurnal Iktiologi Indonesia, diakses 22 Maret 2019) Hal 41-42.