PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROGRESIF PADA METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Main Article Content

Maria M agdalena Duha

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku pada kehidupan sehari-hari siswa, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat, warga negara, dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Onolalu yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inovatif Progrsif dengan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Dengan penerapan model pembelajaran Inovatif Progresif dengan metode diskusi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok Hak Asasi Manusia, maka diperoleh hasil penelitian bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inovatif Progresif hasil belajar siswa meningkat dari yang sebelumnya karena siswa mampu untuk melibatkan diri secara aktif dan mampu mengembangkan cara berpikir dalam mengemukakan ide-ide yang baru. Semoga model pembelajaran Inovatif Progresif ini dapat dijadikan sebagai model pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
M. M. Duha, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROGRESIF PADA METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 130, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Ahmad, Zainal Arifin. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta: Pedagogia.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arifah, Fatih, dan Yustisianisa. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.
Bandura. 1998. Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Duha, Maria,M. 2020. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER DI SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO. Jurnal Education and Development. 8 (1), 235-239
Harefa, D. (2018). EFEKTIFITAS METODE FISIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI ATENSI SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.
Harefa, D. 2019. PENINGKATAN PRESTASI RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN (PADA MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234.
Gee. E. 2019, “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI ALUR BELAJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 269, Aug.
Sarumaha, Murnihati. 2019. STUDI ETNOBOTANI TANAMAN OBAT KELUARGA DI DESA BAWOLOWALANI KECAMATAN TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Education And Development. 8 (4), 266-271.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Hasan, Iqbal. 2003. Pokok-pokok Materi Statistik 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustaji, 2009. Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.
Prastowo, Andi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.
Rogers, 1998. Motivasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, 1976. Model Pembelajaran Inovatif Progrsif. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Sejarah Perjalanan UUD 1945 dari Tahun 1945 sampai sekarang, Surabaya: Karya Ilmu Surabaya.
Tim Abdi Guru. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga.
Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wojowasito, S. 1972. Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardhani, Igak, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yuliawati, Fitri, Suprihatiningrum dan Rokhimawan. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.