PENGARUH POLITIK HUKUM TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL

Main Article Content

Johanis Don Bosko Sukardan

Abstract

Indonesia kaya akan potensi alam yang melimpah sehingga dapat digunakan sebagai sumber dana dalam memajukan perekonomian dan menjadi incaran pasar dunia. Dalam memenuhi ketertarikan investor, Indonesia harus mampu menciptakan suasana iklim yang nyaman bagi investor asing agar terus terjadi pemasukan terhadap pembangunan ekonomi nasional. Hukum, politik dan ekonomi adalah salah satu penopang dalam pembangunan nasional, sehingga ketiganya harus serasi dan sejajar. Arah kebijakan hukum politik ekonomi merupakan sesuatu yang memiliki nilai guna sehingga tujuan hukum dapat dicapai. Karena hukum dibentuk dan dibangun untuk mengatur bagaimana perilaku bisnis yang dilakukan oleh investor ataupun pengusaha. Dalam pembuatan kebijakan tersebut dibutuhkan peran politik yang berada dibidang pemerintahan legislatif. Kebijakan hukum yang dihasilkan diharapkan mampu untuk mengakomodasi kebutuhan negara sehingga warga negara tersejahterakan, di sisi lain kebijakan tersebut harus mampu untuk memberi ruang kepada investor guna tercapainya salah satu pembangunan ekonomi nasional.

Article Details

How to Cite
[1]
J. D. Sukardan, “PENGARUH POLITIK HUKUM TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 321, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Hanifah, Mardalena. 2012. Arah Kebijakan Hukum Politik Ekonomi. Jurnal Ilmu Hukum. Vol. 3 No. 2.
Kholis, Nur. 2013. Pengaruh Politik dalam Perkembangan Praktik Ekonomi Islam di Indonesia. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.
Putra, Praditama, dan Affandi, Hernadi. Politik Hukum dalam Peningkatan Investasi di Indonesia. Bandung : Universitas Padjajaran.
Prasetyo, Kukuh Fadli. 2012. Politik Hukum di Bidang Ekonomi dan Pelembagaan Konsepsi Welfare State di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Jurnal Konstitusi. Vol. 9 No. 3.
Zakariya, Hafid, dkk. 2016. Pengaruh Hukum dan Politik Terhadap Perkembangan Investasi Asing di Indonesia. Surakarta : Universitas Islam Batik Surakarta.