ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK) SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

Heri Effendi Siti Aisyah Muspardi . Muslim .

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya buku ajar yang sesuai diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar sebagai pendukung dalam model Pembelajaran Sejarah Islam Berbasis Kebhinnekaan (PSI-BK) sebagai daya tangkal radikalisme di Perguruan Tinggi. Untuk mencapai tujuan dan target yang telah dijelaskan dalam penelitian ini, dilaksanakan penelitian pengembangan  model Sugiyono, dengan langlah-langlah : (1) potensi dan masalah), (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaiki desaian,  (6) Uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, (10) pembuatan produk masal. Analisis potensi dan masalah telah dilakukan observasi, wawancara dan angket kepada mahasiswa dan dosen. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah di Institut pendidikan Tapanuli Selatan dan mahasiswa Prodi PPKn dan PGSD Universitas Bung Hatta. Sesuai target penelitian  pada tahun pertama (tahun 2019), Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan perkuliahan dan angket terbuka untuk mahasiswa dan dosen. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada pembelajaran sejarah islam adalah belum adanya buku ajar yang bisa dijadikan sebagai pegangan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan dari mahasiswa dan dosen menunjukkan bahwa 1) bahan ajar diperlukan oleh mahasiswa adalah berupa buku ajar, 2) materi di dalam buku ajar berisi tentang: Gambaran Bangsa Arab Sebelum Islam, Gambaran Bangsa Arab Setelah Islam, Islam dan Radikalisme, Islam di Nusantara, dan Dilema Baru Islam Kekinian. Studi ini merupakan bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar mata kuliah Sejarah Islam . Hasil need assesment mengungkapkan responden setuju perlunya pengembangan buku ajar model pembelajaran sejarah Islam berbasis kebhinnekaan (PSI-BK) sebagai daya tangkal radikalisme di Perguruan Tinggi untuk ditindaklanjuti dengan uji validasi ahli dan uji coba dalam penelitian berikutnya pada lingkup yang lebih luas.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Effendi, S. Aisyah, M. ., and M. ., “ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK) SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 330, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Effendi, H., Aisyah, S., Sahnan, M., & Muslim, H. (2019). ANALISIS KARAKTERISTIK MAHASISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK) SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TNGGI. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 305-305.
Effendi, H., Aisyah, S., Muspardi, M., Sahnan, M., & Muslim, H. M. H. (2019, December). ANALISIS KURIKULUM DALAM MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK) SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TNGGI. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Kusworo, Budi. The Implementation of Islam as Rahmah Li Al-'Alamin in Indonesia: Contributions, Challenges and Opportunitie.AJIS : Academic Journal of Islamic Studies vol. 2, no. 2, 2017 Postgraduate of STAIN Curup – Bengkulu | p-ISSN 2580-3174, e-ISSN 2580-3190 Available online: http://journal.staincurup.ac.id/index.php/AJIS.
Nurlaili, N., Suhirman, S., & Sarifin, A. (2019). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PANDANGAN MULTIKULTURAL (Analisis Model dan Pengembangannya).
Maslahah, W., & Rofiah, L. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi Di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 9(1), 32-43.
Munip, A. (2012). Menangkal Radikalisme Agama Di Sekolah.Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2012): Jurnal JPI. Hal.160-181.
Rohmah, D. F., Hariyono, H., & Sudarmiatin, S. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 719-723.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan r&d. edisi ke-24. Alfabeta, Bandung.
Umamah, N. (2017). Pembelajaran Sejarah Kesiapannya Menghadapi Tantangan Zaman.
Utami, I. W. P., & Widiadi, A. N. (2016). Wacana Bhineka Tunggal Ika dalam Buku Teks Sejarah. Paramita: Historical Studies Journal, 26(1), 106-117.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tinggi Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggidirektorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran 2016.
Wawancara dengan Dosen Pendidikan Sejarah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Januari 2019.
Wawancara dengan Dosen Pendidikan kewarganegaraan dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bung Hatta Padang Februari 2019.
Wawancara dengan mahasiswa Pendidikan Sejarah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Januari 2019.
Wawancara dengan Mahasiswa Pendidikan kewarganegaraan dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bung Hatta Padang Februari 2019.