PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN PUISI

Main Article Content

Annisa Febria Prasetyo Fitriani Lubis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi sebelum menggunakan model pembelajaran scramble (2) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi sesudah menggunakan model pembelajaran scramble (3) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Scramble  terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Hasil penelitian adalah (1) kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi sebelum menggunakan model pembelajaran scramble, memperoleh nilai rata-rata sebesar 61,9 dengan kategori cukup (2) kemampuan struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi sesudah menggunakan model pembelajaran scramble, memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,7 dengan kategori baik, dan (3) model pembelajaran scramble berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Prasetyo and F. Lubis, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN PUISI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 7, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Isjoni, 2012. Model-model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia- Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemendikbud. 2013. Kompetensi Dasar (Kurikulum Sekolah Menengah Pertama 2013. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. 2016. Buku Siswa Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Manullang, Engelina L.P. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Basastra
Nurul, Qomariah dkk. 2016. Penerapan Pembelajaran Scramble Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika IPA IKIP Mataram. Vol 4 No.1 hal 41-46
Pujiono, Setiawan. 2014. Kesiapan Guru Bahasa Indonesia SMP Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Litera, 13(2), 252.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Siregar, Nova Yanti dkk. 2018. Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Dan Kebahasaan Oleh Siswa Kelas VIII Smp Negeri 12 Medan Tahun pembelajaran 2017/2018. Jurnal Basastra. Vol. 7 No.