EFFORTS TO IMPROVE IPS LEARNING OUTCOMES OF CLASS VI SD WITH INDEX CARD MATCH TECHNIQUES

Main Article Content

Mustika Aida

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SDN 186/IX Kumpeh Darat dapat diidentifikasi sebagai berikut: (1) Sulitnya siswa dalam menerima serta merespon pesan informasi yang disampaikan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2) Isi materi pada mata pelajaran IPS membuat siswa merasa jenuh dan bosan. (3) Guru belum mampu mencari solusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran serta media untuk menarik perhatian siswa. (4) Hasil belajar IPS belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model active learning tipe index card match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 186/IX Kumpeh Darat Muaro Jambi tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian yakni siswa kelas VI yang terdiri dari 28 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model active learning tipe index card match dalam pembelajaran IPS kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa. Pada kondisi awal siswa yang mendapat nilai di atas KKM ada 13 siswa (46,4%), pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 15 siswa (53,6%), kemudian hasil belajar tersebut meningkat pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 22 siswa (78,6%).


 

Article Details

How to Cite
[1]
M. Aida, “EFFORTS TO IMPROVE IPS LEARNING OUTCOMES OF CLASS VI SD WITH INDEX CARD MATCH TECHNIQUES”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 173, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yoguakarta: Pustaka Insan Madani.
Kusuma, Wijaya. Dkk. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks Permata Putri Media
Solihatin, E dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Supriatna, Nana. dkk. (2007). Bahan Belajar Mandiri Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.
Sujati. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: FIP UNY.
Untara, Wahyu. (2010). Kamus Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris. Yogyakarta : Indonesia Tera.
Wahab, A,A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.
Zaini, Hisyam. dkk. (2008). Strategi Pembelajaran AKtif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.