PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Main Article Content

Nina Suryani

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca puisi pada kelas VI SDN 61/IX Kasang Pudak dalam memberikan contoh guru kurang maksimal dalam memperagakan cara membaca puisi sesuai dengan penerapan dengan 5 keterampilan membaca puisi.Tujuan dari penelitian tindakan Kelas ini adalah mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat (1) meningkatkan minat siswa Kelas VI dalam membaca puisi. (2) meningkatkan keterampilan siswa Kelas VI dalam membaca puisi. Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada siklus pembelajaran yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI SD N 61/IX Kasang Pudak. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan (1) minat membaca puisi siswa, dari minat siswa 49,4 (minat rendah) meningkat 53  dengan kategori (minat tinggi) pada akhir pembelajaran di siklus I. Pada tahap siklus II minat siswa  meningkat 54,1 dengan kategori minat tinggi. (2) Meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca puisi. Rata-rata nilai pada kondisi awal sebelum digunakan media audio visual adalah 67,6 dan pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 72,6. Nilai rata-rata juga mengalami peningkatan menjadi 78,6 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai KKM 75 meningkat, pada kondisi awal terdapat 33,3% siswa yang mencapai KKM menjadi 80% di akhir siklus II. Kesimpulan penelitian pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan minat dan keterampilan siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca puisi.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Suryani, “PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 180, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Ana, Istihanah. (2011). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Dengan Menggunakan Media Audiovisual Kelas VI SD. Skripsi. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian pendidikan suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Dinar, Barokah. (2011). Indikator Minat Belajar Siswa. (online). (http://pedomanskripsi.blogspot.com/2011/07/indikator, diakses tanggal 10 Oktober 2019).
Djamarah, S.B.dan Azwan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhadi. (1987). Membaca cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru.
Nur’aini, U. Indriyani. (2008). Bahasa Indonesia SD/MI Kelas V. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Rahayu. (2015). Lekas (Lembar Kegiatan dan Evaluasi) Bahasa Indonesia. Jakarta: Bakti Ilmu.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutari. (1997). Dasar-dasar Kemampuan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa.
Tarigan, H.G. (1990). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Wawan. (2013). Penggunaan Media Audio-Visual Video Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Anotologi Pgsd Bumi Siliwangi. Skripsi. Bandung: UPI.