USE OF ROLE PLAYING METHOD TO IMPROVE IPS LEARNING OUTCOMES IN PRIMARY SCHOOL STUDENTS

Main Article Content

Supiyah .

Abstract

Pembelajaran IPS di kelas V SDN 24/IX Pudak, hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa terlihat respon lambat dalam mengikuti materi pembelajaran, hal ini dikuatkan lagi dari peran siswa yang pasif pada proses pembelajaran, mereka hanya mendengarkan tidak ada yang mengajukan pertanyaan terhadap materi yang diberikan oleh guru. Tujuan Penelitian ini untuk menumbuh kembangkan motivasi belajar agar siswa dapat lebih aktif dalam meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran IPS yang menggunakan metode belajar role playing. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini ditujukan untuk siswa kelas V sebagai subjek, sebanyak 14 orang siswa sedangkan objek penelitian adalah mata pelajaran IPS yang dipelajari siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Data dianalisis menggunakan teknik secara analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar yang dilakukan siswa memperlihatkan hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari rata rata awal nilai siswa yaitu 59.64 dengan ketuntasan hasil belajar 57.14%, hasil disiklus pertama nilai rata rata belajar siswa menjadi 67.86 dengan ketuntasan 71.43%. Selanjutnya pada siklus kedua rata-rata nilai belajar siswa naik menjadi 75 dengan ketuntasan mencapai 92.2%. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dikelas juga ikut menentukan terjadinya peningkatan hasil belajar.


 

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., “USE OF ROLE PLAYING METHOD TO IMPROVE IPS LEARNING OUTCOMES IN PRIMARY SCHOOL STUDENTS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 115, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Abdul Azis Wahab. (2007). Metode dan Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.
Arsyad Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali.
Azwar S. (1999). Dasar – dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sekar Ayu Aryani, Bermawy Munthe, Hisyam Zaini. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan. Madani.
Budiamin, A. dkk. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI Press.
Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, SB. dan Zein, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Etin Solihatin dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hermansyah. (2003). Pendidikan yang Humanis. Jurnal Kependidikan Islam.Vol.01 2003.
Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY.
Kiromim Baroroh. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 8 Nomor 2. November 2011.
Martinis Yamin. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Miftahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moh Uzer Usman dan Lilis setyawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution. (2006). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Rochiati Wiriaatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Semarang: Universitas Diponegoro.
Sardiman A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati dan Asra, M. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Uno Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Kedua. Jakarta: Indeks