PERAN MEDIA ALAT PERAGA DALAM MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Main Article Content

Kadrizal .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan hasil belajar Matematika aspek pecahan dengan bantuan Media Alat Peraga pada siswa kelas 3 SD Negeri 204 / IX Tanjung Mulya Kabupaten Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan atau subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini meliputi Tes, Observasi dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik analisis data meliputi: 1) Reduksi Data; 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan didapatkan hasil seperti: nilai rata-rata yang dihasilkan oleh prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 3 yang muncul pada siklus I sebesar 68,0, pada siklus II sebesar 77,5 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan. di nilai rata-rata penelitian Siklus I menjadi penelitian Siklus II. Persentase ketuntasan belajar yang diperoleh pada Siklus I digambarkan dengan angka 85,0% (17 siswa berhasil tuntas dari total 20 siswa), dan pada Siklus II persentase ketuntasan belajar adalah 95,0% (19 siswa berhasil tuntas. pembelajaran mereka dari total 20 siswa). Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa yang luar biasa dari Siklus I ke Siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan bantuan Media Pengajaran dapat meningkatkan dan mengembangkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri 204 / IX Tanjung Mulya Kabupaten Muaro Jambi.


 

Article Details

How to Cite
[1]
K. ., “PERAN MEDIA ALAT PERAGA DALAM MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 169, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Muchlis, E. E. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II Sd Kartika 1.10 Pada. Jurnal Exacta. Volume X No. 2. 136-139
Muhson, A. 2012. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan. Volume 39, Nomor 2.171-182
Murdiyanto, T., Mahatma, Y. 2014. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita. Vol. 11 No.1. 38-43
Ningsih, S. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III Sd Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online ISSN 2354-614X. Vol.2, No.4. 243-256
Supatmono, C. 2012. Matematika Asyik. Jakarta: Grasindo Yamin, M. 2011. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press
Yeni, M. E. 2015. Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, ISSN 2355-3650. Vol. 2, No.2. 2-10