PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-NHT

Main Article Content

Roslian Lubis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (KBKM) siswa dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen semu dengan rancagan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol merupakan kelas yang pembelajarannya seperti biasa diterapkan sekolah atau pembelajaran dengan model biasa. Analisis data yang dilakukan terhadap data KBKM dan kemandirian belajar siswa melalui uji N-Gain dengan uji independen sampel t-tes. Hasil penelitian KBKM siswa menunjukkan perolehan signifikansi N-gain pretest dan posttest sebesar 0,009 < 0,05  yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari nilai peningkatan antara KBKM siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, selanjutnya nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen (0,57=kategori sedang) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (0,43=kategori sedang). Selanjutnya analisis data kemandirian belajar siswa yang dilakukan menunjukkan hasil, melalui uji N-Gain dengan uji independen sampel t-tes diperoleh signifikansi N-gain pretest dan posttest sebesar 0,006 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari peningkatan antara kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, selanjutnya nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen (0,39=kategori sedang) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (0,29=kategori rendah). Dengan demikian disimpulkan bahwa: 1) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (KBKM) siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dan signifikan berbeda dari pembelajaran model biasa.; 2) Peningkatan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dan signifikan berbeda dari pembelajaran model biasa.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Lubis, “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-NHT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 378, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Ahmad, M. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Education and Development, 6(4), 34-34. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/262/151
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dadri, P. C. W., Dantes, N. Gunamantha, I. M. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2870
Khairani, Amry,Z., Harahap, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. JEP : Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(1), 85-92. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/135.
Khasanah, F. & Supriyono (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Ekuivalen: pendidikan matematika. 20(2), 99-104. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2880
Lagur, D. S. , Makur, A. P. & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357-368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160
Mahanani, D., Sutopo, S. and Pramesti, G., (2019) Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Model Pembelajaran Tipe Number Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Open-Ended pada Siswa Kelas XI SMKN 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 3(1), 61-69. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v3i1.37690
Muhtadi, D. & Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal “Mosharafa”, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.289
Santiana, N.L.P.M., Sudana, D.N. and Garminah, N.N., (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3232
Siregar, E. Y., & Ahmad, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Education And Development, 6(2), 50-56. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/699/247
Siregar, F.A., 2012. Pengaruh model kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 18 medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 33-38. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3379
Sugiawan, R., Nurhanurawati, N. and Coesamin, M., (2014). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(3), 1-12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4655
Sumarmo, U. (2006). “Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik”. FPMIPA UPI.
Wahyuni, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siak HULU. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v3i1.45