IMPROVEMENT OF SCIENCE LEARNING OUTCOMES USING EXPERIMENTAL METHODS IN CLASS V PRIVATE SCHOOLS

Main Article Content

Yusni Darni

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan  hasil belajar IPA pada  peserta  didik  kelas  V  SD Negeri No.  87/ IX Kunangan.Penelitian ini menggunakan  penelitian  tindakan kelas. Penelitian tindakan  kelasdapat didefinisikan  sebagai bentuk  penelaahan  penelitian  yang  bersifat reflektif denganmelakukan  tindakan-tindakan  tertentu  agar  dapat memperbaiki dan/atau  meningkatkanpraktik- K asil penelitian,diketahui bahwa Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa kelas VSD Negeri No.  87/ IX Kunangan pada materi ajar panas  dan  perpindahannya.  Peningkatanhasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, dimana siklus I mencapai 65,00 %,dan siklus II mencapai 90,86 % Metode eksperimen  sudah terlaksana sesuai dengan scenario pembelajaran  di kelas  V  SD Negeri No.  87/ IX  Kunangan.  Keterlaksanaan  dari siklus  I mencapai rata-rata sebesar 65,00 %,  dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 90,86 %.


 

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Darni, “IMPROVEMENT OF SCIENCE LEARNING OUTCOMES USING EXPERIMENTAL METHODS IN CLASS V PRIVATE SCHOOLS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 475, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Amri, Sofan & Ahmadi, Lif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Arends, Richard I. (2008). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi: Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Kelas V. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatchan, Achmad & Wayan Dasna. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Jenggala Pustaka Utama.
Mulyani Sumantri, Johar Permana.2001. Strategi Belajar Mengajar.Bandung. Maulana
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Sahri
Sukidin, dkk. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Insan Cendekia.
Suwandi, Sarwiji. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winarno, Surakhmad.(2002). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.
Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pembelajaran Dan Evaluasi Pembelajaran. Edisi. Revisi. Jakarta: Gramedia
Wiriaatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.