PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA SEJARAH

Main Article Content

A.Andriyani Asra Jihad Talib

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan peningkatan proses dan keterampilan menulis teks cerita sejarah bentuk video melalui media powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bantaeng, Kelas XII IPA1, dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan, hasil observasi siklus 1 siswa yang aktivitasnya dalam kategori baik sejumlah 67%, kategori cukup 28%, dan kategori kurang 5%. Pada siklus II, siswa yang aktivitasnya baik sebanyak 88%, kategori  cukup 11%, pada kategori kurang 1%. Hasil menyusun teks cerita sejarah siswa dalam bentuk video mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 62%  meningkat menjadi 90%. Sebaliknya, siswa yang tidak tuntas sebanyak 38% menurun menjadi 10%. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sudah melampaui kriteria yang diharapkan yaitu 85% siswa mencapai KKM.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Asra and J. Talib, “PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA SEJARAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 242, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Adkhar, Bastiar Ismail. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disd Labschool Unnes. Skripsi. FIP Unnes, Semarang.
Deliviana, Evi. 2017. Aplikasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 UNM, Makassar 8-9 Juli 2017. Badan Penerbit UNM, Makassar.
Fajar, Syahrul., Riyana, Cepi. & Hanoum, Nadia. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu.” Edutechnologia, Vol 3, No. 2, 101–114. FIP UPI, Bandung.
Febrisma, Nurliana. 2013. “Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK Kelas DV di SLB Kartini Batam).” E-Jupekhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1, No. 2, 109–121. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNP, Padang.
Kemendikbud. 2015. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Kosasi, Engkos. 2014. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII: Kelompok Wajib. Penerbit Erlangga, Jakarta
Masie, Sitti. Rachmi. 2015. “Penggunaan teknik pemandu grafis untuk meningkatkan kemampuan siswa menginterpretasi makna teks cerita sejarah di SMA.” Ideas Vol.1, No.1, 27–36. Ideals Publishing, Gorontalo
Musfiroh, Tadkiroatun. 2011. “Strategi Bercerita Cerita Sejarah.” Agastya Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, Vol. 1, No.1. 47–61. Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas PGRI Madiun, Madiun
One. 2017. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah. Jurnal. Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 6. No.3. FKIP Untan, Pontianak
Pais, Marcelo Humberto Rioseco., Nogues, Frano Paukner & Munoz, Bruno Ramirez. 2017. Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. iJET, Vol.12, No. 6 120–131.
Sanjaya, Km Edi., Renda, Ndara Tanggu & Antari, Ni Ngh Madri. 2013. Pengaruh Pendekatan Humanistik Berbantuan Tehnik Pemecahan Masalah Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus V Dewantara. Mimbar PGSD Undiksa, Vol 1, No.1, 84–89. Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.
Semaan, Charbel. & Ismail, Nour. 2018. “The effect of Using Powtoon on Learning English as a Foreign Language.” International. Journal of. Current. Research, Vol 10, No.05, 69262–69265
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada, Yogyakarta.