IMPROVEMENT OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS 'PJOK LEARNING OUTCOMES PASSING MATERIALS UNDER BOLAVOLI THROUGH THE GAME 3 ON 3

Main Article Content

Cartono .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik permainan bola voli 3 on 3 khususnya peningkatan hasil belajar materi teknik passing bawah permainan bolavoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 30 orang siswa. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang teridiri dari tiga siklus. Instrumen penelitian  berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar observasi siswa, kuisioner, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan terjadinya peningkatan hasil belajar matapelajaran PJOK materi passing bawah dalam permainan bolavoli 3 on 3 siswa kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah prosentase 82% yang tergolong tinggi dalam klasifikasi prosentase ketuntasan.


 

Article Details

How to Cite
[1]
C. ., “IMPROVEMENT OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS ’PJOK LEARNING OUTCOMES PASSING MATERIALS UNDER BOLAVOLI THROUGH THE GAME 3 ON 3”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 470, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arifin, S. (2017). Internalisasi Nilai Sportivitas Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Sosioreligi, 15(2), 20–29.
Fadilah, M., & Wibowo, R. (2018). Kontribusi Ket- erampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampi- lan Bermain Small-Sided Handball Games. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 3(1),
60–68. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/ index.php/penjas/article/view/2018-04-07/pdf
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pem- belajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/https:// doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Indriyani, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Bola Voli Dengan Menggunakan Per- mainan “ 3 On 3 ” Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sukoharjo Wonosobo Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Pambudi, P. S., & Pramudana, J. (2016). Penerapan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Ddalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Banyuwangi. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 98–
110. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ js_unpgri.v2i2.514
Pangestutik, S., H, M., & R.A., R. (2018). Psikodimen- sia: Kajian Ilmiah Psikologi. PSIKODIMENSIA (Vol. 16). Indonesia Soegijapranata Catholic Univer- sity. Retrieved from http://journal.unika.ac.id/ index.php/psi/article/view/976/792
Rithaudin, A., & Hartati, B. S. (2016). Upaya Mening- katkan Pembelajaran Passing Bawah Permainan Bola Voli Dengan Permainan Glagahombo I TempelSleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indo- nesia, 12(1), 51–57.
Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tour- nament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Ket- erampilan Bermain Bolavoli. JURNAL PENDIDI- KAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 1(2), 8–15.
Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/ penjas/article/view/2216/3884
Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Per- mainan Bolavoli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143–152.