PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA PADA KELAS XI IS MAN 1 PADANG

Main Article Content

Suryadi Fajri Raudhatul Jannah Refli Surya Barkara Sandijal Putra

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar sejarah yang masih rendah dan berada dibawah KKM. Hal ini disebabkan rendahnya minat belajar dari peserta didik dan pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan teknik konvensional dalam proses pembelajaran di kelas. Model Guided inquiry yang bertujuan mendskripsikan hubungan Guided inquiry dan minat belajar pada prestasi belajar siswa Hasil penelitian diperoleh (Pertama) Prestasi belajar peserta didik melalui Guided inquiry melebihi dari pada Prestasi belajar peserta didik secara konvensional, dibuktikan dengan Nilai ????????????????ng 2,882 dengan taraf signifikan 0,005. (Kedua), Prestasi belajar peserta didik melalui Guided inquiry dengan minat tinggi lebih tinggi dari proses prestasi belajar peserta didik melalui yang memiliki minat tinggi secara konvensional dibuktikan nilai ???????????????????????? 2,226 dengan taraf signifikansi 0,034. (Ketiga), secara yang memiliki minat rendah melalui Guided inquiry secara signifikan lebih tinggi dari proses Prestasi belajar siswa memiliki minat rendah dengan secara konvensional dibuktikan dari nilai ????????????????????????2,226 dan nilai signifikansi 0,034. (Keempat) tidak adanya terdapat interaksi minat antara motivasi dengan model guide inguiry dalam mempengaruhi Prestasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil perhitungan ANAVA dua jalur diperoleh F???????????????????? 0,238 dan nilai Sig. 0,627. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan  quide inquiry dan minat belajar terhadap sisiwa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IS MAN 1 Padang.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Fajri, R. Jannah, R. Barkara, and S. Putra, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA PADA KELAS XI IS MAN 1 PADANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 598, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
. 2006. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sadirman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bandung
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif daan R&D. Bandung: Alfabeta
Sofiani, Erlina. (2011). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Konsep Listrik Dinamis. (Skripsi). Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. FTK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.