HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS LABUHAN RASOKI TAHUN 2019

Main Article Content

Nurhanifah Siregar

Abstract

ASI merupakan makanan yang paling sempurna dan terbaik bagi bayi karena mengandung unsur-unsur gizi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal. Pemberian ASI eksklusif tidak hanya memberikan manfaat bagi daya tahan tubuh bayi, namun juga dapat memberikan manfaat dalam mengurangi beban keluarga untuk membeli susu formula. Kota padangsidimpuan merupakan salah satu kabupaten kota di sumatera utara. Pada tahun 2017 Cakupan asi eksklusif di kota padangsidimpuan adalah sebesar 72,1%. (Profil Dinkes Kota Padangsidimpuan). Dari 9 puskesmas yang ada kota padangsidimpuan Puskesmas Labuhan Rasoki menempati urutan ke lima persentase cakupan  pemberian ASI ekslusif yaitu sebesar  62,5 % (Profil Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan). Namun pada  tahun 2018 mengalami penurunan  menjadi 43,2%. (Puskesmas Labuhan Rasoki). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu  dengan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Labuhan Rasoki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Labuhan Rasoki kota padangsidimpuan dengan jumlah sampel 88 orang ibu. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan dan sikap ibu terhadap pemberian Asi Eksklusif di puskesmas Labuhan Rasoki.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Siregar, “HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS LABUHAN RASOKI TAHUN 2019”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 262, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Agustina, Tri Ayu (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Di Desa Dukuhwaru Wilayah Kerja Puskesmas Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun 2015.
Direktorat Bina Kesehatan Anak Kemenkes RI. 2015. Kesehatan Dalam Kerangka SDGs, Jakarta : Kemenkes RI
Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, 2017. Profil Kesehatan Kota Padangsidimpuan
Juliani, Sri. Skripsi, 2009. Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Binjai Estate Tahun 2009.
Kementerian Kesehatan RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017
Notoadmodjo, 2010, Pendidikan dan Prilaku Kesehatan, Jakarta,Rineka Cipta
Profil Puskesmas Labuhan RASOKI Tahun 2018
Sirait, Ayu.2014, Skripsi. Hubungan Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Ibu Dalam Pemberian Asi Eksklusif Di Kelurahan Pekan Bahorok Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat Tahun 2014
Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 450/MENKES/SK/IV/2004