PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT TRANSLATION DAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT METHOD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII MTs. JABAL NOER TAMAN DAN MTs. BI’RUL ULUM GEDANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Article Content

Lina Khustiana Ibut Priono Leksono Harwanto .

Abstract

Peningkatan proses pembelajaran dan hasil pendidikan semakin terus dicari, diteliti dan diupayakan melalui kajian dari berbagai  komponen pendidikan. Sehingga perlu adanya berbagai macam metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangun motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar bahasa inggris dan motivasi belajar bahasa inggris menggunakan metode direct translation dan metode direct method pada siswa kelas VII MTs. Jabal Noer Taman dan MTs. Bi’rul Ulum Gedangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode direct translation dan metode direct method pada siswa yang di ujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar bahasa inggris menggunakan metode direct translation dan metode direct method pada siswa kelas VII MTs. Jabal Noer Taman dan MTs. Bi’rul Ulum Gedangan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Khustiana, I. Leksono, and H. ., “PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT TRANSLATION DAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT METHOD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII MTs. JABAL NOER TAMAN DAN MTs. BI’RUL ULUM GEDANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 299, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara Cipta.
Hermawan, Deni. 2013. Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: PT Rosda Karya.
Indriyana, Dina. 2011. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif.Bangun Tapan Jogjakarta: Diva Press.
Bathgate. 1981. A Survey Of Trans Theory,
Hamzah, B, Uno. Dimyati.2002. belajar dan pembelajaran.
Majid, Abdul. 2013. StrategiPembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Musaheri. 2006. Perkembangan Peserta Didik Untuk Memiliki Kompetensi Pedagogik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moch, Munawir, Amin. 2017. Pengaruh model non directive dan motivasi belajar PAI terhadap pengembangan spiritual religius.Jakarta: UIN.
Nur, M dan Kardi, S. 2000. Pengajaran langsung Pusdat Sains Dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana. UNESA.
______, 2001. Pengajaran LangsunPusdat Sains Dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana. UNESA.
Anshori,Sakut.2010. Teknik, metode dan ideologi penerjemahan buku economic concepts of ibn Taimiyah ke dalam bahasa Indonesia dan dampaknya pada kualitas. Surakarta,USMS.
Sobur, Alex. 2011. PsikologiUmum.Bandung: PustakaSetia.
Syah, Muhibbin.2011.Psikologi Belajar.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.