PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Main Article Content

Henry Dinus Hutabarat Ferawati Artauli Hasibuan

Abstract

Media pembelajaran e-learning dibuat untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran pada materi fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan media pembelajaran berbasis e-learning serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan,(2) Tindakan, (3) Observasi (4) Refleksi. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi kreativitas siswa, wawancara dengan guru mata pelajaran fisika, dokumentasi dan dengan tes hasil belajar. Data verbal hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis e-learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Hukum Newton. Peningkatan keativitas belajar siswa dari setiap indikator meningkat. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata presentase pada siklus I pertemuan pertama sebesar 56,4% dan pertemuan kedua sebesar 71,32%. Rata-rata peningkatan kreativitas siswa pada siklus II pertemuan pertama sebesar 83,65% dan pertemuan kedua sebesar 89,78%. Sumbangan efektif dengan penerapan media pembelajaran berbasis e-learning menunjukan bahwa kreativitas siswa pada mata pelajaran fisika berubah sebesar 72,19%.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hutabarat and F. Hasibuan, “PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 508, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arda, S. Saehana and Darsikin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII”. e-Jurnal Mitra Sains. Volume 3 Nomor 1.
Aries, Erna Febru dan Ari Dwi Haryono. 2012. “Penelitian Tindakan Kelas”. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Darmawan, Deni. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gunawan., Harjono, A., dan Sutrio. 2015. “Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.1 (1): 9.
Munandar, Utami. 2009. “Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat”. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyo, Banu & Trisyanti, Umi. 2018. “Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial.”
Rosenberg, Marc. J. 2001. “E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age”. USA: McGraw-Hill Companies.
Samsunuwiyati, Mar’at. 2006. “Psikologi Perkembangan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilo, Joko Muhammad. 2007. “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.