MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS PERSPEKTIF GLOBAL DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Hanafi . Armansyah Lubis

Abstract

Penelitian ini didasari rendahnya kompetensi dan persfektif global guru Sekolah Dasar di Kota Padangsidimpuan. Permasalahan tersebut secara tidak langsung akan menghasilkan peserta didik yang kurang memiliki jiwa daya saing utamnaya di era globalisasi dimana semakin derasnya arus infomasi dan teknologi asing  masuk ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penyebab rendahnya tingkat kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan  SD Negeri 200310 Padangsidimpuan Batunadua sebagai uji coba terbatas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: 1) Penyebab rendahnya kompetensi profesional guru SD Negeri Padangsidimpuan antara lain kurangnya akses informasi melalui internet; kurangnya wawasan global dan kurangnya kretivitas guru dalam meningkatkan kualitas diri; 2) Upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan antara lain dengan menggiatkan intensitas akses informasi, 3) melaksanakan kegiatan ilmiah seperti seminar, workshop; 4) peningkatan motivasi para guru untuk peningkatan kompetensi profesional melalui webinar berbasis perspektif global  5) Penggunaan pengembangan kompetensi profesional guru berkelanjutan secara signifikan dapat meningkatkan kompetensi profesional para guru SD Padangsidimpuan

Article Details

How to Cite
[1]
H. . and A. Lubis, “MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS PERSPEKTIF GLOBAL DI KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 556, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Abbott J.1994. Learning makes sense : re-creating education for a changing future, Letchworth: Education
Bassey Enya dan Josephine Dasel.2014. dengan judul Teacher Education And Global Standard For Effective Teachinglearning Process In Public Secondary Schools In Calabar Municipality, Cross River State, Nigeria
Delors, J. et al.1996. Learning the Treasure Within, Education for the 21th Century. New York : UNESCO.
Hanvey,Robert,G.1976.AnAttainableGlobalPerspective.ttp://ebookbrowse.com/hanvey-an-attainable-global-perspective-pdf-d379707707
Joye&Weil.2004 Models of Teaching. The Phoenix Alliance
Macbeath & Peter, 2005 Effects of Teachers’ Effectiveness on Students’ Academic Performance in Public Secondary Schools; Delta State – Nigeria
Mulyasa, E. 2009.Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Oerip dan Uetoyo.2000. Manajemen Latihan dan Pengembangan. Bandung: Angkasa
Sahertian,Piet A .2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia), PT Rineka Cipta
Setyosari, Punaji.2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan . Jakarta: Gramedia
Sugiyono. 2017.Metode Penelitian & Pengembangan, Research Development.Bandung: Alfabeta