MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA NEGERI 1 SIABU

Main Article Content

Kasman .

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyatan rendahnya kompetensi pegagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Siabu.Situasi ini akan mempengaruhi seluruh kegiatan belajar siswa dan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi pegagogik guru dalam pelaksanaanpembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik. Pelaksanaan kegiatan supervisi diharapkan dapat memberikan sumbangan masukan dan evaluasi dan peningkatan kompetensi pegagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Siabu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil penilaian kompetensi pegagogik guru, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan kegiatan supervisi di SMA Negeri 1 Siabu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Siabu, dapat meningkatkan kompetensi pegagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, dimana pada siklus I nilai rata-rata kemampuan guru baru mencapai 76,3% yang artinya kemampuan guru masih berada dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata kemampuan guru sudah mencapai 86,1% artinya kompetensi pegagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus IIberada dalam kategori baik.

Article Details

How to Cite
[1]
K. ., “MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA NEGERI 1 SIABU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 643, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Surya,Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.
Sahertian,Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijaya dan Rusyam. 1991. Kemampuan Dasar Guru Dalam PBM. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2010. Supervisi Akademik. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa,Enco. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Permendiknas No.12 Tahun 2007(Kementrian Pendidikan Nasional 2010).
Harahap,Baharuddin. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya.
Sagala,Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rohani,Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rienika Cipta.
Miles dan Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Bandung : VI Press.