PENGEMBANGAN PERANGKAT PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nisa’ul Machfiroh Mustaji . Harmanto .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembanngkan perangkat pembelajaran model problem based learning untuk meningkatkan kemmpuan literasi digital dan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di  MI Darul Huda Mojokerto tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D oleh Tiaghrajan yang terdiri atas tahapan define, design, developement dan dessimintation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, lembar tes essay dan LKPD untuk mengukur hasil belajar yang meliputi kemampuan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis hasil validasi ahli, analisis lembar observasi kegiatan pembelajaran oleh guru dan siswa, uji t-test untuk menunjukkan apakah ada pengaruh kemampuan literasi digital dan berpikir kritis siswa setelah menerapkan pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli oleh validator I mendapatkan persentase sebesar 82% sedangkan validator  II mendapatkan persentase sebesar 79% dengan hasil layak untuk diterapkan dengan sedikit revisi. Selanjutnya, hasil observasi menunjukkan keterlaksanaan sebesar 71% dan dinyatakan praktis digunakan. Pencapaian kemampuan berpikir krits menghasilkan t hitung 4,09 lebih besar dari t tabel 2.109 sedangkan kemampuan literasi digital menghasilkan t hitung 4.2 lebih besar dari t tabel 2, 109 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi digital dan berpikir kritis setelah penerapan perangkat pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Machfiroh, M. ., and H. ., “PENGEMBANGAN PERANGKAT PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 623, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A taxonomy for learning teaching and assessing: a revision of bloom’s taxonomy. New York: Longman publishing.
Anderson, Lorin W. dan Krathwohl, David R. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan: Agung Prihantoro. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
APJII. 2017. Penetrasi&Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Diunduh 7 Januari 2020 dari https://www.apjii.or.id/
Arends, L. Richard. 1998. Learning to teach 9th edition. Mc Graw Hill. Central Connecticut State University.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asrul, dkk. 2015. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka media.
Buckingham, David. 2015. Nordic Journal of Digital Literacy. 2006–2016, p. 21–34. Diakses tanggal 31 Desember 2019.
Buckingham, David. 2017. Digital Media Literacies: rethinking media education in the age of the Internet. Research in Comparative and International Education, Volume 2, Number 1, 2007. Diakses tanggal 31 Desember 2019.
Burnet, Cathy, dkk. 2006. Digital connections: transforming literacy in the primary school. Vol. 36, No. 1, March 2006, pp. 11–29. Cambridge Journal of Education. Diakses tanggal 31 Desember 2019.
Direktorat jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan. 2016. Pendidikan kewarganegaraaan untuk perguruan tinggi.Jakarta: Direktorat jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan.
Facione, P.A. 1990. Critical Thinking A statement of Expert Consensus For Purpose of Eduational Assesment and Instruction. California StateUniversity, Fullerton.
Filsaisme, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Fisher, Alec. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Gibbons, Maurice. 2002. The self directed learning handbook.San fransisco: Jossey Bass, A willy imprint
Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jian Xi Teng. 2018. Digital Literacy and Beyond. UNESCO ICT in Education. 30 March 2018. Diakses tanggal 31 Desember 2019.
Julianto,dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model – Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Lai, Emily. 2011. Critical thinking (Research report). June, 2011.
Lauren B. Resnick. 1987. Education and Learning to Think. Washington, D.C.: National Academy Prss.
Majid, Abdul. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian dan Aplikasi. Yogyakarta: Nuha Medika
Mark Mason. 2008. Critical Thinking and Learning. Singapura: Fabulous Printer Pte Ltd.
Mulyasa, 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Putra, Nusa. 2015. Research and Development. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Robert E. Slavin. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi kedelapan jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Robert E. Slavin. 2009. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi kedelapan jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Rusman. 2010. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Salinan lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah .
Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakata: PT Raja Grafindo Persada.
Silberman, L. Melvin, dkk. 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nusamedia
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor –Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suprijono, Agus. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryanti,dkk.2008. Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Susanto, Ahmad. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syaripudin, dkk. Kerangka literasi digital (e-book). Diunduh 21 Desember 2019 dari www.literasidigital,id
Thiagarajan, Sivasallam, dkk. 1974. Instructional Developement for Training Reachers of Exceptional children. Indiana University.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Triastuti, dkk. Juni, 2017. Kajian dampak penggunaan media sosial bagi anak dan remaja. Diunduh 21 Desember 2019 dari www.literasidigital,id
Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. 2011. Teori&Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta CV.
Wiryopranoto, Suhartono, dkk. 2017. Ki Hajar Dewantara “Pemikiran dan Perjuangannya”. Jakarta: Tim Atap Komunika. Diterbitkan di Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
World economic forum. 2016. The Future of jobs Employment, Skills, and workforce strategy for the fourth industral revolution.