PENGARUH PENGGUNAAN CISCO PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SWASTA MITRA MANDIRI PANYABUNGAN

Main Article Content

Rahmad Fauzi ,S.Pd., M.Kom. Januardi Rosyidi Lubis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2016/2017 di SMK Mitra Mandiri panyabungan. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar ujian semester yang masih banyak dibawah criteria KKM yang ditetapkan yaitu 7.00 penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Cisco Packet Tracer lebih baik dari yang tidak menggunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Mitra Mandiri Panyabungan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dan teknik dalam penentuan sampling adalah Posttest Only Control Design. Yang menjadi sampel adalah kelas X TKJ1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ2 sebagai kelas control. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes).Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan media pembelajaran Cisco Packet Tracer memiliki rata-rata (75.016) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan (66.45). Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung 1.05 dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada media pembelajaran Cicso Packet Tracer siswa dibimbing untuk dapat menggunakan kemampuan potensinya.

Article Details

How to Cite
[1]
R. ,S.Pd., M.Kom. and J. Lubis, “PENGARUH PENGGUNAAN CISCO PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SWASTA MITRA MANDIRI PANYABUNGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, pp. 61-64, Apr. 2018.
Section
Artikel
Author Biography

Rahmad Fauzi ,S.Pd., M.Kom., Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

No

Jenjang Pendidikan

Nama Perguruan Tinggi

Fakultas

Program Studi

Tubel/Ijin Belajar

Pengaktifan Kembali

Gelar Akademik

Tanggal, Tahun Ijazah

Depan

Belakang

1

S1

Universitas Negeri Padang

Teknik

Pendidikan Teknik Elektronika

-

-

-

S.Pd.

03 Maret 2012

2

S2

Universitas Putra Indonesia

Pascasarjana

Magister Ilmu Komputer

-

-

-

M.Kom.

12 Oktober 2015

References

Ashar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
DedeSofandi. 2008. Instalasidan Konfigurasi Jaringan Komputer .Bandung: Informatika.
Djamarah et al. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah et al. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: DEPDIKBUD DIRJEN DIKTI Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Masyhuri et al. 2001. Metodologi Penelitian:Pendekatan Praktis dan Aplikatif. _________ :Refika Aditama.
Natawidjaja et al. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: P2TK
Phill Yanuar Kiram. 2007. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir / skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung. PT. Tarsito Bandung.
Sumadi Suryabrata. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : PT .RajaGrafindo Persada.
Suharsimi Arikunto. 1996. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Tengku Zahara Djaafar. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: FIP UNP
Tcipto Utomo. 1994. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan: Manajemen Perkuliahan dan Metoda Perbaikan Pendidikan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama,
Witherington. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT .Rineka Cipta