ANNOTATION STRATEGY IN EFL CLASSROOM: IS IT EFFECTIVE FOR TEACHING READING?

Main Article Content

Zahratul Idami Rena Juliana Fitri Yustika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas penggunaan annotation strategy dalam pengajaran membaca. Pada penelitian ini, teks deskriptif menjadi salah satu variable yang ingin dilihat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Terdapat dua kelas yang menjadi sampel dalam penelitian yang dilakukan di MAN Terpadu Langsa ini, yaitu kelas eksperimen dan kelas control yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Untuk memperoleh data, pre-test dan post-test diberikan kepada siswa di kedua kelas tersebut. Terdapat perbedaan yang signifikan yang ditunjukkan dari hasil tes siswa pada kelas eksperimental yang diajarkan dengan menggunakan annotation strategy dengan kelas kontrol yang tidak diajarkan dengan menggunakan strategi tersebut. Nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa di kelas kontrol. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa di kelas eksperimen adalah 76, sementara di kelas control adalah 58. Dengan kata lain, uji hipotesis dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa t-value lebih besar daripada t-table. Nilai t-value adalah 13,09, sementara t-table = 5% dengan df 38 adalah 2.02 < 13.09 > 2.71. Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa annotation strategy efektif digunakan untuk pengajaran membaca. 

Article Details

How to Cite
[1]
Z. Idami, R. Juliana, and F. Yustika, “ANNOTATION STRATEGY IN EFL CLASSROOM: IS IT EFFECTIVE FOR TEACHING READING?”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 465, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Ariansyah, M, and Fitrawati. 2013. Annotation Strategy for Teaching Reading Comprehension of Exposition Texts. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/1952.
Freed, Melvyn. N, Hess, Robert. K, and Ryan, Joseph. M. 2002. The Educator’s Desk Reference (EDR): A Sourcebook of Educational Information and Research, Second Edition. ACE/Praeger Series on Higher Education, Westport.
Hanlon, B, and Larget, B. 2011. Samples and Population. Madison: Department of Statistics University of Wisconsin.
Hartini, Syarifahaja. 2019. The Impelementation of annotating text strategy in teaching reading comprehension at tenth grade students of SMK Broadcasting Bina Creative (BBC) Medan In 2018/2019 Academic Year. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Holschuh, Jodi. P., and Aultman, Lori. P. 2009. Comprehension development. In R. F. Flippo & D. C. Caverly (Eds.), Handbook of college reading and study strategy research (pp. 121–144). Routledge, New York.
Kane, Thomas. S. 2000. The Oxford Essential Guide to Writing. Berkley Books, New York.
Phakiti, Aek. 2014. Experimental Research Methods in Language Learning. Bloomsbury Academic, London.
Warner, Rebecca. M. 2013. Applied Statistics: from Bivariate through Multivariate Technique (2nd ed.). SAGE Publications, California.