PIDANA MATI BAGI PELAKU TINDAK PIDANA KORUPSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI: STUDI KASUS SUAP JPB

Main Article Content

Roy Sutrisno Sidarta

Abstract

Tindak pidana korupsi telah sedemikian lama menjadi musuh bersama. Berbagai macam daya upaya telah dilakukan demi membasmi korupsi di Indonesia. Cara-cara yang dilakukan pun seperti dijelaskan dalam Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sudah bukan cara-cara yang biasa lagi, mengingat meluas dan masifnya korupsi di Indonesia. Namun masih saja korupsi belum sepenuhnya hilang. Kasus terakhir yang menjadi pembahasan adalah tindak pidana suap yang diduga dilakukan oleh JPB selaku Menteri Sosial aktif saat itu. Perdebatan yang muncul adalah apakah tindak pidana yang diduga dilakukan JPB dapat dikenakan pidana mati, mengingat tindak pidana tersebut dilakukan di tengah bencana wabah covid-19. Undang- Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi memang mengenal pidana mati, tetapi penelitian ini berusaha mengidentifikasi bahwa terhadap tindak pidana yang diduga dilakukan JPB tidak dapat dikenakan pidana mati.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sidarta, “PIDANA MATI BAGI PELAKU TINDAK PIDANA KORUPSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI: STUDI KASUS SUAP JPB”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 161, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Agustina, Shinta, et. al. 2016. Penjelasan Hukum Unsur Melawan Hukum Penafsiran Unsur Melawan Hukum Dalam Pasal 2 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Jakarta. Judicial Sector Support Program.
Chazawi, Adami. (2017). Hukum Pidana Korupsi di Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Komisi Pemberantasan Korupsi. (2006). Memahami Untuk Membasmi: Buku Panduan untuk Memahami Tindak Pidana Korupsi, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi.
Soekanto, Soejono, Mamudji, Sri. 2014. Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Yuntho, Emerson, et. al. 2014. Penerapan Unsur Merugikan Keuangan Negara dalam Delik Tindak Pidana Korupsi. Indonesia Corruption Watch. Jakarta.
https://www.kpk.go.id/id/berita/berita-kpk/1462-indeks-persepsi-korupsi-indonesia-membaik
https://www.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/1986-kpk-tahan-menteri-sosial-terkait-perkara-dugaan-suap-pengadaan-bansos-covid-19
https://www.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/1949-kpk-tangkap-menteri-kelautan-dan-perikanan