PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODESIMULASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

heriyanti .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan informasi dan membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Melalui Metode Simulasi Kelas IV SD Negeri 159 / IX Suka Maju. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 159/IX Suka Maju Kabupaten Muaro Jambi.  Penelitian ini dilaksanakan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, dimulai pada bulan Juli 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 159/IX Suka Maju yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik catatan lapangan, lembar observasi, tes tertulis, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Simulasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SD Negeri 159/IX Suka yang dibuktikan dengan meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II.

Article Details

How to Cite
[1]
heriyanti ., “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODESIMULASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 437, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA
Azis Wahab, Abdul. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung : Alfabeta
Danim, Sudarman. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Gulo, (2002). Strategi belajar-mengajar. Jakarta : Grasindo
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hariyanto & Suyono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
Roetiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafinda Persada
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Suhana, Cucu & Nanang Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Uno, Hamzah B. 2011. Rencana Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
UUD 1945 Pasal 31 Ayat 5).
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 3
Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara