ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN MATERI DI KELAS X SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Emmi Juwita Siregar Nenni Faridah Lubis Seri Irawati Batubara

Abstract

Penelitian ini dilakukan ± 3 bulan telah di laksanakan  dari bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2020. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir kreatif lancar siswa pada pembelajaran kimia melalui pokok bahasan perubahan materi kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan,untuk melihat gambaran terjadinya penurunan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran kimia melalui pokok bahasan perubahan materi  di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan serta untuk melihat gambaran upaya terjadinya penurunan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran kimia melalui pokok  bahasan perubahan materi  di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.Adapun tehnik penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana  informan pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas X MIA yang berjumlah 23 orang. Adapun metode pengumpulan data yang dilaksanakan yaitu angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis memakai analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil yang di peroleh dalam penelitian ini untuk siswa kelas X MIA di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan menunjukkan  bahwa hasil  rata-rata per indikator sebagai berikut (1) Kemampuan berpikir lancar siswa senilai 2,65, (2) Kemampuan berpikir luwes siswa  senilai 2,87, (3) Kemampuan berpikir rinci siswa senilai 3,19, (4) Kemampuan berpikir orisinal siswa  senilai 3,28, dan hasil rata-rata dari indikator kemampuan berpikir kreatif siswa senilai 62,57.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Siregar, N. Lubis, and S. Batubara, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN MATERI DI KELAS X SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 528, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Ahmad Mustamil Khoiron . 2015. Kontribusi Implementasi Pendidikan dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 22, Nomor 2.
Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta : Ar-Russ
Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta
Bungi, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Dilla , Siska ,Cindy . 2018. Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of medives. Vol 2(1), hal . 129-136.
Fardah, Dini Kinati .2012. Analisis Proses dan kemampuan berfikir kreatif dalam matematika melalui tugas open – ended . jurnal kreano . vol 3(2).
George H. Fried , Ph.D. 2010. Schaum’s outline Teori dan Soal- Soal Kimia. PT Gelora Aksara Pratama
Herlina,Lina dan Qurbania, Mahwar.2017.Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Perubahan Materi kelas X MAS AL – MUSTAQIM Sungai Raya 2. Jurnal Bio Education. Vol.2(1),hal 11- 15.
Jeffri, Riswan. 2012. Analisis of student creative study ability in kimia practical activities in class XI MIA in SMA NEGERI 11 Jambi citi.Jurnal Pendidikan Kimia.hal 3-13.
La Moma. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. Vol 4. Nomor 1.
Nani , Tati . 2016. Pengukuran Kemampuan Kreatif Siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatinanggor dalam praktek pembuatan tempe pada konsep Perubahan Materi. Jurnal Pendidikan.hal 977-985.
Priskila. 2018. Keanekaragaman Jenis Perubahan Materi di kawasan hutan sekunder areal LUPHHK- HTI PT. BHATARA alam lestari kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan. Vol . 6(3):569 – 582.
Rangkuti , Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan .Bandung : Cita pustaka media.
Sugiyono.2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Rdan D . Bandung : alpabeta.
Sudijono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Jakarta
Syafaruddin. 2012. Metodologi Penelitian . medan: fakultas tarbiah institut agama islam negeri sumatera utara.
Syah , Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: remaja Rosdakarya
Toy, Binerd . 2018. Desain bahan ajar Kimia berbasis discovery learning dengan scientific approach untuk Perubahan Materi kelas X SMA.Jurnal Pendidikan. Vol 11. No 1, 67-75. E – ISSN : 2614-3984.
Yuni Katminingsih.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap