ANALISIS E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS PERJUANGAN TASIKMALAYA

Main Article Content

Fajar Nugraha Riza Fatimah Zahrah Ade Maftuh

Abstract

Menuju era revolusi industri 4.0, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Diperlukan kesiapan wawasan dan keterampilan individu yang mumpuni. Salah satunya di bidang pendidikan tinggi yaitu penggunaan E-Learning sebagai basis perkuliahan. Hasil studi pendahuluan di Universitas Perjuangan Tasikmalaya, khususnya pada Program Studi PGSD masih banyak mata kuliah yang belum menggunakan E-Learning. Hal ini mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan menggunakan perkuliahan berbasis E-Learning. Di sisi lain, perbedaan proses perkuliahan E-Learning dengan perkuliahan konvensional yaitu terdapat pada pada interaksi sosialnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berpandangan bahwa betapa pentingnya melakukan analisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang melibatkan mahasiswa angkatan 2018 kelas A, B, C, dan D  prodi PGSD Universitas Perjuangan. Maka dari itu, fokus penelitian ini adalah analisis terkait penggunaan E-Learning terhadap keterampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan E-learning pada perkuliahan dapat dilakukan bersamaan dengan meningkatkan keterampilan mahasiswa melalui suatu pengondisian oleh dosen pengampu

Article Details

How to Cite
[1]
F. Nugraha, R. Zahrah, and A. Maftuh, “ANALISIS E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS PERJUANGAN TASIKMALAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 472, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Beaty, J. J. (1994). ObserVng Development of the Young Child. Engglewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
Creswell, J. W. (2010). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid, et.al. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Gandana, G. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudak”. Tesis: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh ber-basis teknologi informasi dan komu-nikasi. Bandung: Alfabeta.
Richards, T. G. (1962). Office Management and Control, Fourth Edition. Homewood: Richard D. Irwin Inc.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.