ANALISIS MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARANDARING PJOK SELAMA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DI MAN 1 LAMONGAN

Main Article Content

A Taufiq Gigih Siantoro Amrozi Khamidi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untung mengetahui minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dimasa pandemi secara daring dalam pembelajaran PJOK di MAN 1 Lamongan. Metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial uji model penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk menarik kesimpulan kesimpulan pada penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK. Artinya, keterarikan dan dorongan dalam diri siswa mampu meningkatkan proses pembelajaran daring. Minat maupun motivasi yang ada pada siswa ditunjukkan dengan mendapatkan nilai yang tinggi, sehingga hal ini menjadi sebuah temuan bahwa nilai sebagai hasil belajar adalah minat dan motivasi terbesar pada siswa kelas X MAN 1 Lamongan. Siswa diharapkan mampu menumbuhkan minat dan motivasi dengan aspek yang lain, seperti rasa suka terhadap pelajaran dan dorongan yang berasal dari dalam diri tanpa adanya alasan seperti nilai atau hadiah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Taufiq, G. Siantoro, and A. Khamidi, “ANALISIS MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARANDARING PJOK SELAMA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DI MAN 1 LAMONGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 225, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Adang Suherman. (2009). Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI
Adib R. S., (2020) Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).Kudus:Pondok Pesantren Ath-Thullab.
Agus S. Suryobroto. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Agus, Sujanto. (2001).Psikologi Kerpribadian: Jakarta : Bumi Aksar
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.
Andi Erwin. (2019).Analisis Minat Belajar Pendidikan Jasmani Terhadap Kemampuan Bermain Sepakbola Pada SMK Negeri 10 Makassar,”. Makasar: Universitas Negeri Makasar.
A.M, Sardiman.(1996).Interaksi dan motivasi belajar mengajar.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Akyas Azhari.(2003). Psikologi Pendidikan.Cet. I; Semarang: Toha Putra,
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bilfaqih Y., M. N. Qomarudin. (2015) Esensi Penyusunan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Bimo Walgito. (2003). Psikologi Umum. Yogyakarta: Fak Psikologi UGM.
Chatia, Hastasari., dkk. (2011). New Media Teori dan Aplikasi. Surakarta: Lindu Pustaka.
Dana R.B. (2020) Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Universitas Mercu Buana: National Research Tomsk State University
Departemen Pendidikan Nasional. (2006) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2006. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dipdiknes.
Dian R.A.U.K., Hascaryo P. & Barokah W. (2020) Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Semarang: Jurnal Sinestesia,
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi I; Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.
Damin, Sudarman. (2004). Inovasi Pedididkan. Bandung: Pustaka Setia
Hartati, Netty. et. al., (2005).Islam dan Psikologi. Edisi I; Cet. 2; Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Heriatin Rahman. (2014).Analisis Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Simboro Mamuju Sulawesi Barat. Tesis. Makasar:Uiversitas Islam Negeri Alauddin
Henry Jenkin.(2006)New York.University press
Lacy, P. M. (2001). Broiler Managemen di dalam Bell D. Donald dan JR Weaver D. William, editor. Commercial Chicken Meat and Egg Production, di dalam; Printed in the United States of America. page 832-833.46
Luh, B. S. 1991. Rice Utilization. 2nd Edition. Van Nostrad Reinhold. New York.
Marcel Danesi (2009). Dictionary of Media and Communications.University of Toronto:Pentagon Press
Mursito BM. (2013). Memahami Institut Media, Sebuah Pengantar. Surakarta: Lindu Pustaka & SPIKOM Surakarta.
Syaiful Sagala, (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, (2000). Bimbingan dan Penyuluhan.Surabaya: Usaha Nasional.
Slameto. (2010).Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemadi Suryabrata. (2007). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
Syaibani, Yunus Ahmad, dkk. (2011). New Media Teori dan Aplikasi. Karanganyar: Lindu Pustaka
Samsudin. (2008).Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.Jakarta: Prenada Media Group
Sugiono, (2013) Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Sugiono, (2015) Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Uno. H. (2008). Teori motivasi dan pengukuran. Jakarta:Bumi Akses.
User Usman, M. (1994.).Menjadi Guru Profesional. Cet. V; Bandung: RemajaRosdakarya.
Ward, Mike. (2002). Journalism Online. Great Britain : Focal Press.
W.S. Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Zakiah Daradjat.(2008) Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta:Bumi Aksara.