PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NILAI PERSATUAN DAN KESATUAN BAGI SISWA KELAS V SDN BULAK RUKEM II SURABAYA

Main Article Content

Aris Budianto Warsono . Harmanto .

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan CTL berbantu android untuk meningkatkan hasil belajar materi nilai persatuan dan kesatuan bagi siswa kelas V di SDN Bulak Rukem II Surabaya. Peneliti menggunakan model pengembangan model Thiagarajan terdiri atas 4 tahap yaitu Define(Pendefinisian) , Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Rancangan ujicoba yang digunakan peneliti adalah Nonequivalen Control group design. Desain penelitian dimulai dengan pretest untuk mrngetahui kemampuan awal siswa kemudian diberi perlakuan (treatment). Selanjutnya dilakukan postest. Untuk mengetahui peningkatan kognitif siswa Responden penelitian ini kelas V dengan kelompok eksperimen berjumlah 20 dan kelompok kontrol berjumlah 20. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket  dan tes hasil belajar. Untuk membuktikan signifikansi penggunaan bahan ajar CTL berbantu android kelas eksperimen terhadap kelas kontrol dapat menggunakan uji-t berpasangan (Sugiyono, 2013). Uji-t digunakan untuk melihat perbedaan kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun perhitungan dengan menggunakan SPSS. Berdasarakan hasil uji t test pada tabel dapat disimpulkan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,005. Hal ini membuktikan bahwa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan pemberian bahan ajar dengan pendekatan CTL berbantu android diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0,05. Jadi dapat dikatakan terjadi peningkatan hasil belajar materi nilai persatuan di Indonesia dengan pemberian bahan ajar dengan pendekatan CTL berbantu android pada kelas V sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Budianto, W. ., and H. ., “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NILAI PERSATUAN DAN KESATUAN BAGI SISWA KELAS V SDN BULAK RUKEM II SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 239, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Abdukarim, Komalasari, K,. Saripudin, D,. Ratmaningsih, N., & Anggareni.(2020). Development of a Unity in Diversity-based Pancasila Education Text Book for Indonesian Universities. 371-386
Abildenova et al. (2016). Developing a Mobile Application "Educational Process Remote Management System" on the Android Operating System. International Journal Of Environmental & Science Education. 5128-5145
Akbar, Sa’ud. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Amri,Sofan.(2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya
BSNP.(2007). Buletin BSNP “ Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah”. Vol II/No.1 Januari 2007. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Cennamo, K. & Ross, J. (2012). Technology Integration For Meaningful Classroom Use . United States of America : Cengage Learning International office
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Darmawan, Deni. (2016). Mobile learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Dimyati & Mudjiono.(1999). Belajar dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontektual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia
Hamalik. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta : Sinar Grafika.
Hamid, Soleh. (2012). Metode Edutaintment. Jogjakarta : Diva Press
Johnson. E. (2006). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center
King, Gary. (1994). Designing Social Inquiry. New Jersey: Princeton University Press
Mandasari, D. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar PKN Kelas V Yang Berorientasi Pada Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Lerpak 3 Bangkalan. Program Studi Magister. UNESA.
Muktar & Iskandar (2012). Desain Pembelajaran Berbantu TIK. Jakarta:Referensi
Mukwambo, M., (2016). Trainee teachers’ experiences using contextual teaching and learning: Implications for incorporation of indigenous knowledge in instructional design.Pedagogical Research, 3-12
Rusli, S., Hermawan, D., Supuwiningsih,N.N.,(2017). Multimedia Pembelajran yang Inovatif Prinsip Dasar & Model Pengembangan. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET
Sabrina & Kuswanto. (2018). Android-Assisted Mobile Physics Learning Through Indonesian Batik Culture: Improving Students’ Creative Thinking and Problem Solving. International Joornal of Instruction. 11 (4) 287-302
Sudjana, Nana.(2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
Sunarto, D., Hariadi, B., Sagirani, T., Amelia, T., Lemantara, J.(2020). MoLearn, a Web-and Android-Based Learning Application as an Alternative for Teaching-Learning Process in High Schools. International Joornal of Instruction. 13 (1) 53-70
Sugiyono (2016). Metode Penelitian dan pengembangan (Research and Development)
Peranginangin,SA., Saragih, S., Siagian, P. (2019). Development of Learning Materials through PBL with Karo Culture Context to Improve Students’ Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal Of Mathematics Education. Vol. 14, No. 2, 265-274.
Pramuji, R. (2016). Improving Teaching Quality and Problem Solving Ability Through Contextual Teaching and Learning in Differential Equations: A Lesson Study Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education 1-13
Prastowo, Andi.(2013). Panduan Kretaif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta :Diva Press.
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ratumanan & Lauren. (2015). Penilain Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan.Yogyakarta : Perpustakaan Nasional
Sutanto, A., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbantu Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantuan Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhamadiyah Metro, 4 (1), 67- 77.
Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sundayana, Rostina (2014). Statistika Penelitian pendidikan. Bandung : Alabeta
Tarigan ,H.G. (2009). Telaah Teks Buku Bahasa Indonesia.Bandung :Angkasa
Taniredja,T. , Faidli, EM., & Harmianto, S. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung :CV Alfabeta
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstrutivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Ulandari, L., Amry, Z, Saragih, S.(2009). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal Of Mathematics Education Vol. 14, No. 2, 375-383
Vygotsky. (1990). Vygotsky and Education. New York:Cambridge University Press
Winataputra, Udin S. (2014). Diskursus Aktual tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dalam Konteks Kurikulum 2013. Bahan Diskusi dalam Seminar Nasional PKn-AP3KnI diambil dari http:// PPKn.org/wp-content/.../Makalah.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group