THE ANALYSIS OF ONLINE PJOK LEARNING AGAINST STUDENT INTERESTS, ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES DURING THE PANDEMIC PERIOD CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) AT SMPN 27 GRESIK

Main Article Content

Bagus Johansyah Putra Gigih Siantoro Abdul Rachman Syam Tuasikal

Abstract

Jurnal penelitian ini bermaksud untuk menganalisis Pembelajaran PJOK Daring Terhadap Minat, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Di SMPN 27 Gresik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 7 SMPN 27 Gresik. Pembelajaran PJOK dilaksanakan secara daring hingga waktu yang belum ditentukan. Pembelajaran PJOK Daring yang dilakukan oleh semua guru mata pelajaran terutama guru PJOK membuat guru PJOK harus menumbuhkan minat belajar peserta didik karena pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka harus beralih pada pembelajaran daring selama masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Para ahli psikologi menyebutkan bahwa salah satu hal yang bisa mempengaruhi hasil belajar seseorang siswa adalah minat dan aktivitas belajar yang menarik. Diharapkan dengan pembelajaran PJOK Daring dapat menumbuhkan minat, aktivitas dan hasil belajar yang baik, guna untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dimasa pandemic covid-19. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya upaya pembelajaran PJOK daring dalam meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik selama masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan ex-post facto. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket dengan memanfaat google formulir. Teknik analisis yang digunakan peneliti menggunakan Teknik analisis regresi ganda. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas VII SMPN 27 Gresik yang berjumlah 128 siswa. Peneliti mengambil sampel data dengan menggunakan Purposive Sampling sebanyak 40 siswa mulai dari kelas VIIA-VIID yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 Orang perempuan dalam setiap kelas. Hasil analisis korelasi menunjukkan variabel pembelajaran PJOK daring memiliki hubungan yang Korelasi prediktor minat belajar terhadap pembelajaran PJOK daring sebesar 0,208, korelasi prediktor hasil belajar terhadap pembelajaran PJOK daring sebesar 0,517 sedangkan korelasi hasil belajar  terhadap pembelajaran PJOK daring sebesar -,113 siswa kelas VII Selama masa pandemi covid-19 di SMPN 27 Gresik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dalam pembelajaran PJOK Daring kelas VII di SMPN 27 Gresik mempunyai pengaruh positif dan saling berhubungan satu sama lain untuk meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa selama masa pandemic Covid-19 di SMPN 27 Gresik.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Putra, G. Siantoro, and A. R. Tuasikal, “THE ANALYSIS OF ONLINE PJOK LEARNING AGAINST STUDENT INTERESTS, ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES DURING THE PANDEMIC PERIOD CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) AT SMPN 27 GRESIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 259, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Abdul, Hanasyah Dan Agi Ginanjar. 2019. Improvement Of Basketball Learning Result Using Group Investigation Learning Model. Jurnal Olahraga. Indonesia.
Ahmadi, Abu Dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar.
Jakarta. Rineka Cipta.
Arfin, M. Psikologi.2004. Beberapa Aspek Kehidupan Ruhaniyah Manusia. Jakarta. Bulan Bintang
Arikunto, Suharsimi, 2003.Serba Serbi Pendidikan. Jakarta. Cet. III Rineka Cipta
Aritongan, T., Keke. Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,“Jurnal Pendidikan Penabur” No.10/Tahun Ke-7/Juni 2008, Diakses Tanggal 25 Mei 2020.
Arikunto, S (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumiaksara.
Attubani. 2008. Teori Belajar, Program Dan Prinsip Pembelajaran
http://riwayat@telkom.net (3 Mei 2020).
Bahri Djamarah, Syaiful. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Bye, D., Pushkar, D., & Conway, M. (2007). Motivation, interest, and positive affect in traditional and nontraditional undergraduate students. Adult Education Quarterly. https://doi.org/10.1177/0741713606294235
Dalyono, Muhammad. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Djamarah, Syaiful,Dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.Rinekacipta.
Dimyati Dan Mudjiono. 2015. Belajar Dan Pembelajaran.
Jakarta. PT Rineka Cipta.
Junita, Reka. 2019. Analisis Minat Belajar Dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pesisir Selatan. Lampung: FKIP Bandar Lampung.
Maksum, Ali.(2018). Stastistik Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Muhammad Syaifudin Khabirur Rahman dan Tri Wijayanti. 2013. Geografi untuk
SMA/MA Kelas X. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka.
Munib, Achmad dkk. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (2015). Pedoman Penulisan Tesis Dan Disertasi. Surabaya.
Rahman, Haeriati. 2014. Analisis Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Simboro Mamuju Sulawesi Barat. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya,.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar..
Jakarta. Rajawali Pers
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar.
Salatiga. Bina Aksara.
Setiadi laraswati, 2017. Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di SMPN 2 Godean Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Edisi Revisi; Cet. V. Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cet. VIII Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif
dan R&D. Bandung.Alfabeta.
Suciyati, marimah. 2018. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal pendidikan MIPA.Sila.
Suwarsito. 2017. Analisis Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Bahasa Dan Sastra.
Suparman, Ade. 2020. Pengaruh Penerimaan Teknologi Dalam Pembelajaran E-Learning. Ijd-Demos.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga;Cet. 1; Jakarta. Balai Pustaka,
Tukilah. 2016. Effort to Improve Student Learning Activities Through The Provision Of Information Services In SMPN 2 Metro. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Yuliawan, Dhedhy. 2017. Penelitian Pembelajaran. Jurnal Sportif.