THE INFLUENCE OF SOCIOECONOMIC STATUS, PEERS AND MOTIVATION ACHIEVEMENT ON PHYSICAL EDUCATION LEARNING OUTCOME

Main Article Content

Ocky T riarta J.K Ali Maksum Anung Priambodo

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator dari capaian tujuan pembelajaran. Adapun baik buruknya hasil belajar bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor terkait, bisa yang berasal dari luar siswa ataupun dari dalam diri siswa. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut diharapkan mampu menunjang tercapainya hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi, teman sebaya dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PJOK. Subyek penelitian ini adalah 203 siswa kelas VII SMPN 42 Surabaya yang terdiri dari 90 siswa laki-laki dan 113 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dan angket digunakan untuk mengetahui status sosial ekonomi, teman sebaya dan motivasi berprestasi siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel status sosial ekonomi tidak berpengaruh pada semua aspek hasil belajar. Variabel motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap semua aspek hasil belajar dan pada variabel teman sebaya berpengaruh signifikan pada hasil belajar aspek afektif akan tetapi tidak berpengaruh pada hasil belajar aspek kognitif dan psikomotor. Sedangkan secara simultan ketiga variabel tersebut mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap semua aspek hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.

Article Details

How to Cite
[1]
O. T. J.K, A. Maksum, and A. Priambodo, “THE INFLUENCE OF SOCIOECONOMIC STATUS, PEERS AND MOTIVATION ACHIEVEMENT ON PHYSICAL EDUCATION LEARNING OUTCOME”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 375, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Androushchak, G., Poldin, O., & Yudkevich, M. (2013). Role of peers in student academic achievement in exogenously formed university groups. Educational Studies. https://doi.org/10.1080/03055698.2013.814561.
Bahaudin, N. (2017). Pengaruh Kepribadian, Dorongan Orang tua, Kelompok Teman Sebaya, Lokasi dan Informasi terhadap Minat Menabung Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pasir. unesa.
Banowati. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Unesa.
Baoyan, Y., & Minggang, W. (2015). How Father’s Education and Economic Capital Impact Academic Performance—An Analysis Based on the Mediating Effect and Moderating Effect. Chinese Education and Society. https://doi.org/10.1080/10611932.2015.1119508.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakara.
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Ekpe, I., Adelaiye, M. O., Adubasim, E. I., & Adim, V. C. (2014). The moderating effect of self-motivation on the relationship between parent’s socio-economic background and children’s academic performance at Nigerian universities. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v10n21p73
Family Socio-economic Status Effect on Students’ Academic Achievement at College of Education and Behavioral Sciences, Haramaya University, Eastern Ethiopia. (2018). Journal of Teacher Education and Educators.
Froiland, J. M., & Worrell, F. C. (2016). Intrinsic motivation, learning goals, engagement, and achievement in a diverse high school. Psychology in the Schools. https://doi.org/10.1002/pits.21901
Gemeay, E. M., Ahmed, E. S., Ahmad, E. R., & Al-Mahmoud, S. A. (2015). Effect of parents and peer attachment on academic achievement of late adolescent nursing students - A comparative study. Journal of Nursing Education and Practice. https://doi.org/10.5430/jnep.v5n6p96
Gerungan. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Erasco.
Hartas, D. (2011). Families’ social backgrounds matter: Socio-economic factors, home learning and young children’s language, literacy and social outcomes. British Educational Research Journal. https://doi.org/10.1080/01411926.2010.506945.
Hakimzadeh, R., Besharat, M. A., Khaleghinezhad, S. A., & Ghorban Jahromi, R. (2016). Peers’ perceived support, student engagement in academic activities and life satisfaction: A structural equation modeling approach. School Psychology International. https://doi.org/10.1177/0143034316630020
Kemdikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran SekolahMenengahPertama/MadrasahTsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemdikbud Press.
Jovanovic, D., & Matejevic, M. (2014). Relationship between Rewards and Intrinsic Motivation for Learning – Researches Review. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.287
Khalaila, R. (2015). The relationship between academic self-concept, intrinsic motivation, test anxiety, and academic achievement among nursing students: Mediating and moderating effects. Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.11.001
Lopez-Torres, L., Prior, D., & Santín, D. (2019). Assessing the effect of educational programs on public schools’ performance. Applied Economics. https://doi.org/10.1080/00036846.2019.1610712
Mahardika, I.S. (2017). Evaluasi Pengantar. Surabaya: Unesa University Press.
Maksum, A. (2008). Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. Surabaya: Unesa University Press.
Maksum, A. (2018). Statistik dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Maganda, D. (2016). Enhancing Learning in Africa through Students’ Collaboration with Parents, Teachers and Peers. World Journal of Education. https://doi.org/10.5430/wje.v6n2p1
Ngussa, PhD, B. M., & Gundula, A. J. (2019). The Effect of Home Environmental Factors on Students’ Academic Achievement: A Case of Community Secondary Schools in Monduli District, Tanzania. World Journal of Educational Research. https://doi.org/10.22158/wjer.v6n3p354
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan.
Sánchez Ordaz, A. E. (2018). The Mediating Effect of Peers, Teachers, and English-Language Status on the Belongigness-Achievement Relationship Among Mexican and Filipino Immigrant High School Students. In ProQuest Dissertations and Theses.
Santoso. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.