SISTEM APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK PENENTUAN HARGA PRODUKSI FURNITURE MENGGUNAKAN METODE SUGENO

Main Article Content

Yusra Fadhillah Alwendi .

Abstract

Artikel ini memuat tentang hasil penelitian yang bertujuan untuk mengalokasikan harga pokok produksi mebel untuk suatu produk. Menjaga produktivitas perusahaan merupakan upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup satu perusahaan. Produktivitas perusahaan tergantung dari beberapa factor pendukung, salah satunya adalah menetapkan harga pokok produksi barang yang diproduksi sebagai salah satu langkah dalam mempertahankan strategi pemasaran  produksi. Maka dari itu pihak perusahaan perlu menentukan harga pokok suatu barang karena memiliki peranan penting untuk pelaporan keuangan perusahaan sebagai acuan perhitungan untung dan rugi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy Sugeno dengan menerapkan sistem inference metode Fuzzy Sugeno untuk menentukan harga produksi ini berdasarkan harga pokok dari bahan baku dan biaya overhead yang diimplementasikan ke dalam bahasa MATLAB. Analisis data menghasilkan output dalam bentuk  konstanta dan persamaan linier. Hasil pengujian menggunakan aplikasi MATLAB memberikan kesimpulan bahwa teknik inference Fuzzy Sugeno dapat digunakan untuk menghitung harga pokok  produksi dari satu buah produk.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Fadhillah and A. ., “SISTEM APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK PENENTUAN HARGA PRODUKSI FURNITURE MENGGUNAKAN METODE SUGENO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 474, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Kusumadewi, Sri. Artificial Inteligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu,2006.
Sutojo, T. Mulyanto Edy, dan Suhartono Vincent, Kecerdasan Buatan. Yogyakrata: Andi Offset, 2001
Kusumadewi, S. dan Purnomo, H. 2010. Aplikasi logika Fuzzy untuk pendukung keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Shalahuddin, M. A.s. Rosa, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung, Informatika
Saepullah, A.(2015). ‘Comparative Analysis of Mamdani, Sugeno And Tsukamoto Mthod Fuzzy Inference System for Air Conditioner Energy Saving’, 1(2), pp. 143-147.
Yoo, H. and Choi, B. (2015), ‘Design of Simple-Structured Fuzzy Logic and Intellegent System’, 15(4),pp.232-239,DOI: 10.5391/IJFIS.2015.
Sunoto, I. dan Lukman, (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan harga Jual Sepeda Motor Bekas Dnegan Pendekatan Logika Fuzzy Inference System Mamdani. Jurnal SIMETRIS, Vol. 6, No. 2, Hal. 309-314. Universitas Indraprasta PFRI.
Supina, Batubara. ‘Analisa Perbandingan Metode Fuzzy Mamdani dan Fuzzy Sugeno untuk Penentuan Kualitas Cor Beton Instan’, 2017.
T.J. Ross, Fuzzy Logic with Engineering Application. Jhon Wiley and sons, 2010.
Sunarya, U. (2015) ‘Analisis Perbandingan Algoritma Logika Fuzzy Model Sugeno dan mamdani untuk Pengukuran Kualitas Kolam Air renang Berbasis Mikrokontroller’