THE EFFECT OF MIND MAPPING TECHNIQUE ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE WRITING

Main Article Content

Nurmahyuni Asrul Putri Permatasari Hasibuan Yunita Gracesary Hutagalung Kristi Natalia Br Tarigan Dumaris Febriani Siregar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teknik mind mapping terhadap prestasi belajar menulis siswa kelas VIII SMP SWASTA PUTERI SION tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diberikan pre-test dan post-test yang sama untuk mendapatkan data. Dalam penerapan teknik,  kelas eksperimen diajar dengan menggunakan teknik mind mapping. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping merupakan teknik yang efektif untuk diterapkan dalam pengajaran menulis. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai t-test = 3,63 lebih tinggi dari pada t-tabel = 2,02. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Disimpulkan dalam pengajaran menulis dengan menggunakan teknik mind mapping memberikan pengaruh yang baik terhadap keterampilan menulis. Teknik ini membuat siswa berpikir lebih kreatif untuk memperbesar ide ke dalam tulisan siswa

Article Details

How to Cite
[1]
N. Asrul, P. Hasibuan, Y. Hutagalung, K. Tarigan, and D. Siregar, “THE EFFECT OF MIND MAPPING TECHNIQUE ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE WRITING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 487, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Andriansyah, Andris. 2015. The Effect of Using Mind Mapping in Teaching Recount Text to the Students’ Writing Ability at Eight Grade of SMP 2 Ngadiluwih Academic Year 2015/2016. Kediri (ID) : Universitas Nusantara PGRI Kediri
Fajriyah, SS. 2017. The Effect of Mind Mapping Technique on Student’s Writing of Descriptive text”. Jakarta (ID) : Syarif Hidayatullah State Islamic University
Ginting, R., Lubis, B., & Sinaga, D. (2021). The Revitalization of Tugu Silalahi Batak Toba Folklore into Teaching Materials in English Subject for Junior High School. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 4(2), 240-248.
Lubis, B. N. A., Afrilyani, T. P., Girsang, S. W., Sihite, B. M. T., Chandra, S., & Permadi, A. (2019). An Error Analysis On Changing Active Voice Into Passive Voice At Ninth Grade Of Smp Amir Hamzah Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(2).
Lubis, B. N. A., & Ginting, S. D. B. (2019). ASPEK GAYA WACANA ANTOLOGI CERPEN SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA. Jurnal Bahtera-
Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, 6(12).
Lubis, B. N. A., Gurning, B., & Saragih, A. (2019). Verbal semiotics resources employed in advertising cigarette on TV in Indonesia. Journal of Languages and Culture, 10(1), 1- 4.
Lubis, B. N. A., & Sagala, R. W. (2020). The Comparative of Indonesian and Western Culture in Live Action: A Study of Cross-Culture. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 56-59.
Pratama, Adhitya. 2015. Improving Student Writing Skill Using Mind Mapping Technique A Classroom Action Research on the Seventh Grade of SMP N 2 Gondangrejo , Karanganyar in the School Year of 2014/2015). Surakarta (ID) : Slamet Riyadi University
Ritonga, M. G. S. (2021). The Revitalization of Patung Sigale-Gale Batak Toba Folklore into Teaching Material in English Subject for Junior High School. English Teaching and Linguistics Journal, 2(1), 89-97.
Sihombing, D. L. (2021). The Revitalization of “Aek Sipitu Dai” Batak Toba Folklore into Teaching Materials in English Subject for Junior High School. English Teaching and Linguistics Journal, 2(1), 112-121.
Sinamo, F., Lubis, B., Barus, T., & Sembiring, S. (2021). The Revitalization of Batu Parsidangan Batak Toba Folklore Into Teaching Materials in English Subject for Junior High School. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 4(2), 233-239.
Wijaya, AK. 2016. The Effect of Using Mind Mapping on the Writing Comprehension Ability of the Tenth Students at SMA Tiga Maret Yogyakarta in the Acedemic Year of 2014/2015. Yogyakarta ( ID) : Yogyakarta State University