MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF DALAM BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI SMA NURUL HASANAH MEDAN

Main Article Content

Zuindra . Mayasari .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi (1) proses peningkatan  keterampilan menulis teks deskriptif melalui teknik Mind Mapping. khususnya dalam aspek: perhatian, semangat belajar, keaktifan, motivasi; (2) tingkat keberhasilan keterampilan menulis teks deskriptif melalui teknik Mind Mapping khususnya dalam aspek: kebaruan tema dan kandungan makna, kekuatan imajinasi, kebaruan dan kekuatan tokoh, kebaruan dan kekuatan alur, (e) kesatupaduan, kelancaran bercerita, keefektifan  stile,  respon  afektif guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklusnya berisi aktivitas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Permasalahan dalam pembelajaran menulis cerpen berangsur-angsur dapat diatasi dengan penerapan teknik pembelajaran Mind Mapping. Siswa menjadi lebih aktif bertanya dan berdiskusi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa juga lebih bergairah dalam mengerjakan tugas dan menulis teks deskriptif dengan sungguh-sungguh. Berdasarkan uraian dari masing-masing analisis dataditemukan bahwa kemampuan menulis teks deskriptif siswa setelah penggunaan model pembelajaran mind mapping dari pretest dari siklus 1 sampai siklus 2 mengalami peningkatan nilai pada setiap aspek menulis, yaitu: (1) aspek kebaruan tema dan kandungan makna sebesar 0,2; (2) aspek kekuatan imajinasi sebesar 0,34; (3) aspek kebaruan dan kekuatan tokoh sebesar 0,6; (4) aspek kebaruan dan kekuatan alur sebesar 0,53; (5) aspek kesatupaduan sebesar 0,81; (6) aspek kelancaran bercerita sebesar 0,37; (7) aspek keefektifan stile sebesar 0,86; (8) aspek respon afektif guru sebesar 0,26. Pada akhir siklus II, dapat diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata pada setiap tahapan, nilai rata-rata pretes yaitu 70,05, sementara nilai rata siklus I yaitu 74,45 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 82,15. Meskipun ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai 75. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks deskriptif; penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulisteks deskriptif.

Article Details

How to Cite
[1]
Z. . and M. ., “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF DALAM BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI SMA NURUL HASANAH MEDAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 500, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Achmadi,Abu dkk. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Asul Wiyanto. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Komalasari, dkk. 2011. Asesmen Teknik Non Tes Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT. Indeks.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Melor Md Yunus, Chan Hua Chien. 2016. “The Use of Mind Mapping Strategy in Malaysian University English Test (MUET) Writing”. Creative Education. vol.7. Accessed on January 4, 2020 (http://file.scirp.org/Html/8-6302987_65541.htm)
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
______.2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Situmorang, Jenny Desliana. 2012. “Penggunaan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.1. accessed on January 2, 2020 (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/965)
Sudjana, Nana. 2009. Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Zemach, D. E. at al. 2009. Academic Writing from Paragraph to Essay. Cambridge: The Cambridge University Press.