KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENGUASAAN KALIMAT TOPIK PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IPTS PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Sri Mahrani Harahap

Abstract

Peningkatan Kemampuan Menyimak Mahasiswa melalui Penguasaan Kalimat Topik menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipilih untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa, selain itu penelitian ini juga digunakan untuk memberikan solusi yang baik untuk tenaga pengajar. Hal ini agar teknik atau metode oembelajaran lebih beraneka macam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Adapun data penelitian diambil berdasarkan hasil tes, hasil catatan lapangan, lembar observasi, hasil wawancara, dan hasil angket mahasiswa dengan jumlah 50 orang. Untuk prosedur pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan 4 kali pertemuan dan peneliti melakukan kolaborasi dengan dosen bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, maka diperoleh hasil yaitu kemampuan mahasiswa meningkat. Hasil pada siklus I, kemampuan menyimak mahasiswa semester I memiliki rata-rata 66,2. Masalah penelitian dalam siklus I ini adalah, (1) belum mampunya mahasiswa dalam memahami materi simakan, (2) belum mampunya mahasiswa dalam mengungkapkan kembali materi yang telah disimaknya, (3) kepercayaan diri mahasiswa yang kurang pada saat bersosialisasi dalam di lingkungan sekitar. Adapun hasil siklus II, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 77,1. Maka diperoleh hasil, yaitu meningkatnya hasil pembelajaran kemampuan menyimak melalui penguasaan kalimat topik.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Harahap, ā€œKEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENGUASAAN KALIMAT TOPIK PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IPTS PADANGSIDIMPUANā€, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 563, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dan Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. 2003. Metode Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen
Dikdasmen.
Purwanto, M. Ngalim dan Djeniah. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar . Jakarta: PT Rosdakarya.
Tarigan, HG. 1980. Menyimak sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Djago. dkk, 2005. Materi Pokok Pendidikan Keterampilan Berbahasa Modul 1-12. Jakarta: universitas Terbuka,