IDENTIFIKASI KERAGAMAN FAMILI ARACEAE SEBAGAI BAHAN PANGAN, OBAT, DAN TANAMAN HIAS DI DESA HILIONAHA KECAMATAN ONOLALU KABUPATEN NISA SELATAN

Main Article Content

Adam Smith Bago

Abstract

Tanaman merupakan organisme hidup baik yang di budidayakan maupun yang tumbuh secara liar, salah satunya adalah tanaman Talas-Talasan (Araceae). Talas-talasan (Famili araceae) merupakan tanaman yang sudah di kenal oleh masyarakat. Tanaman Talas-talasan (Famili araceae) ini sudah lama di budidayakan serta banyak di manfaatkan oleh masyarakaat Indonesia Khususnya di Desa Hilionaha Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan. Ada yang dimanfaatkan sebagai bahan Pangan, Obat dan Tanaman Hias. Umbi dari jenis Famili araceae ini memiliki karbohidrat tinggi yang tersusun dari amilum (amilosa dan amilopektin). Jenis penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tanaman talas-talasan dari Famili Araceae. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan maret 2020, penelitian ini dilaksanakan di Desa Hilionaha Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di peroleh 11 Jenis tanaman dari Famili Araceae. Perbedaan karakter antar jenis Famili Araceae terlihat pada warna dan bentuk umbi, ujung helaian daun, tepi helaian daun, permukaan atas dan bawah helaian daun, dudukan helaian daun, dan betuk helaian daun.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Bago, “IDENTIFIKASI KERAGAMAN FAMILI ARACEAE SEBAGAI BAHAN PANGAN, OBAT, DAN TANAMAN HIAS DI DESA HILIONAHA KECAMATAN ONOLALU KABUPATEN NISA SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 695, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Champbell, dkk. 2002. Biologi Edisi kelima. Jakarta: Erlangga
GBI, tim. 2017, Kamus Lengkap Biologi, untuk Pelajar, Mahasiswa & Umum. Jakarta: GBI
Kahayu. 2017. Jenis Tumbuhan Familiy Araceae Berpotensi Obat Untuk Menunjang Kesehatan Masyarakat dan Pemanfaatannya di Kawasan Air Terjun Ironggolo.
Kusandi dan Priyandoko. 2000. Bologi SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Rineka cipta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta,CV
Suhono. 2010. Jenis-Jenis Famili Araceae.
Adawiah. 2016. Kandungan Fitokimia dan Bioaktivitas Ekstrak Metanol Biji Palem Putri (Veitchia Merillii). Vol 2 (1): 63-70. UIN. Skropsi tidak diterbitkan.
Dewi, dkk. 2017. Kajian Pemanfaatan Tanaman Obat Sebagai Obat Tradisional di Desa Tolai Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Vol. 5 (2) : 92-108. FTKIP. Skripsi tidak diterbitkan.
Khalisa, dkk. 2017. Identifikasi Talas-Talasan Edible (Araceae Di Semarang, Jawa Tengah).Vol 19 no 1 :18-21. Skipsi tidak di terbitkan. Universitas Diponegoro.
Suryoatmojo, Adikusoma. 2011. Efektifitas Penggunaan Kunci Determinasi Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Di SMP Negeri 4 Temanggung. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Suci Marteni, Mukarlina, Masnur Turnip. 2017. Jenis-Jenis Tumbuhan Talas (Araceae) Di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Rayu. Vol 6 (1) : 42-52. Skripsi tidak diterbitkan. FMIPA
Kahayu. 2017. Jenis Tumbuhan Family Araceae Berpotensi Obat Untuk Menunjang Kesehatan Masyarakat Dan Pemanfaatannya Di Kawasan Air Terjun Ironggolo. Vol. 01. No. 02 Tahun 2017. Universitas Nusantara
Mochammad Yordan dan Adi Pratama. 2017. Inventarisasi Jenis Dan Pola Sebaran Tumbuhan Famili Araceae Di Kawasan Air Terjun Ironggolo Kediri Sebagai Media Konservasi In-Situ. Vol. 1. No.2. Tahun 2017. PDRI Kediri Universitas Nusantara.
Khalisa Aini Sinaga, Murningsih dan Jumari. 2017. Identifikasi Tala-Talasan Edible (Araceae) di Semarang, Jawa Tengah. Vol. 19. No.1. Tahun 2017. Hal. 18-21.
Mamik Setyowati, Ida Hanarida, dan Sutoro. 2007. Karakteristik Umbi Plasma Nutfah Tanaman Talas (Colocasia Esculenta). Vol. 13. No.2.