PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA DI KELAS V SDN 06 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT

Main Article Content

Irva Sri Sustika

Abstract

Adapun poin penting dilaksanakanya riset ini adalah : 1) Mengetahui peningkatan  pelaksanaan kajian pada materi Keseimbangan Ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada  kelas V SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat 2) Mengetahui evaluasi  hasil belajar  pada pelajaran Keseimbangan Ekosistem menggunakan model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah  di kelas V SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti melakukan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa sebagai subjek dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang yaitu   siswa  kelas  V  pada semester I   tahun ajaran 2019/20120 SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi dan dokumentasi. Hasil penerapan problem based learning guru dalam kegiatan pembelajaran siklus I jumlah skor yang diperoleh 24 dari skor maksimal 32 dengan persentase 75%, “kategori cukup.” Hasil penelitian siklus I pada aktifitas siswa adalah 71,87% dengan  “kategori cukup”.  Sementara hasil  kegiatan pembelajaran  guru pada siklus II, jumlah skor yang diperoleh 29 dari skor maksimal 32 dengan persentase 90,6%. Dengan “kategori sangat baik”. Hasil  kegiatan siswa pada periode II, jumlah nilai yang diperoleh 29 dari skor maksimal 32 dengan persentase 90,6%, dengan “kategori sangat baik “. Artinya terdapat  peningkatan hasil dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada materi Keseimbangan Ekosistem dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah  di kelas V SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Sustika, “PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA DI KELAS V SDN 06 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 608, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Ahmadi, Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anisa, Marsali. 2016. Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendidikan guru sekolah dasar. 1(2):2.
Doli, Warizona, Oktaseda. 2015. Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (Pbl) di Kelas IV SD. Pendidikan guru sekolah dasar. 1(2):4.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf dan R & D. Bandung: Alfabeta.