PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS V SDN 09 PASAMAN

Main Article Content

Badriwarman .

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 09Pasaman berjumlah 20 orang siswa.Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada pembelajaran perkalian pecahan menggunakan pendekatan konstruktivisme, siklus I dilanjutkan dengan siklus II yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 aktivitas guru 70% dan nilai aktivitas siswa juga 70%. Pada siklus 2 aktivitas guru 95% dan aktivitas siswa juga memperolaeh nilai 90% bila dilihat dari penilaian pengetahuan Hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 75,5 dengan nilai ketuntasan 70%, sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa 90 dengan nilai ketuntasan 95 %.rata-rata 95Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka terlihatlah bahwa pendekatan konstruktivisme berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian pecahan di kelas V SDN 09 Pasaman.

Article Details

How to Cite
[1]
B. ., “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS V SDN 09 PASAMAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 612, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Abi Manyu, Soli. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Anita, Sri. 2007. Strategi Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Universitas terbuka
Anonim. 1999. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Proyek PGSM Dikti.
Depdikbud. 1980. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2004. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP.
Karim, Muchtar A. 1997. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.
Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo Persada.
Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana. 2002. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Rmaja Rosdakarya.
Sumarmo,Utari.2002.Alternatif. Pembelajaran Matematika dalam Implementasi KBK.Bandung: FMIPA-UPI.
Supriyadi. 1991. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karuniaga.
Suripto, dkk. 2007. Terampil Berhitung Matem atika II. Jakarta: Erlangga.
Suwito, dkk. 1991. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.
Tim Pengembangan MKDK. 2000. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Winkel, 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.