EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAPUA

Main Article Content

Sepling Paling Marudut Sitorus

Abstract

Menjamurnya kasus Covid-19 di provinsi Papua sehingga pendidikan di Papua diperkirakan terjun bebas akibat dampak dari pandemi Covid-19 ini.  Untuk itu, provinsi Papua wajib mengikuti perkembangan teknologi pendidikan menuju pendidikan Daring (e-learning) guna menyikapi polemik-polemik dan stigmatisasi tingkat pengetahuan di Papua tersebut. Kendalanya adalah beberapa daerah di provinsi Papua masih belum memiliki akses internet. Ketiadaaan jaringan internet ini, menyebabkan pendidikan di beberapa wilayah di Papua mengalami lumpuh total, karena tidak dapat mengaplikasikan pembelajaran Daring sehingga kegiatan belajar mengajar dari rumah (study from home) tidak terlaksana. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan guna mengetahui efektivitas pembelajaran Daring di Papua. penyebaran kuesioner melalui aplikasi google form yang dapat diakses oleh responden baik siswa maupun guru. data dianalisis secara deskriptif kuantitatif sederhana untuk memberikan gambaran mengenai efektivitas pembelajaran Daring selama pandemi COVID-19 sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 di Provinsi Papua. hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran Daring yang dilaksanakan di Papua tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran Daring tidak ada peningkatan yang signifikan. Namun demikian, pembelajaran Daring yang dilakukan dapat mencegah penularan Covid-19 yang ada di Papua yang dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas masyarakat Papua setelah kota Jayapura berubah dari zona merah menjadi zona kuning dan Kabupaten Jayawijaya mengalami perubahan zonasi dari kuning menjadi zona hijau.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Paling and M. Sitorus, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAPUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 64-71, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Badan Pusat Statistik. (2018). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Papua Tahun 2017. http://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/336/indeks-pembangunan-manusia-provinsi-papua-tahun-2017. Html: http://papua.bps.go.id.
Buntoro G.A., Ariyadi D., A. I. (n.d.). 27404-91299-1-PB ghulam.pdf.
Hamonangan, T. (2012). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Pengantar Teknologi Informasi, 1–24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/6998/5990
Han, Y. (2020). The transmission and diagnosis of 2019 novel coronavirus infection disease ( COVID ‐ 19 ): A Chinese perspective. March, 639–644. https://doi.org/10.1002/jmv.25749
Handoko T. Hani. (1999). Bibliografi (p. 1999).
Hidayah, N. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar. Chemistry in Education, 3(1).
Hidayat, M. S. (1986). Administrasi, Supervisi, dan ketenagaan PLB. Depdikbud, 142.
Horton, W., & Horton, K. (2003). E-learning Tools and Technologies: A consumer’s guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. Publish, January, 592. http://www.amazon.com/E-learning-Tools-Technologies-consumers-instructional/dp/0471444588
Koran, J. K. C. (2001). Dalam pengajaran dan pembelajaran di sekolah-sekolah malaysia. Elearning, 3, 13. http://www.tutor.com.my/tutor/pix/2001/0716/DuniaPendidikan/Kertas_Kerja/kk_01.PDF
Popham, W, J. (2003). Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). 12.
Pujiastutik Hernik. (2017). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e- learning berbasis web pada mata kuliah belajar pembelajaran i terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12.
Sanderson, P. E. (2002). E-Learning: strategies for delivering knowledge in the digital age. The Internet and Higher Education, 5(2), 185–188. https://doi.org/10.1016/s1096-7516(02)00082-9
Soliman, N. A. (2014). Using E-Learning to Develop EFL Students’ Language Skills and Activate Their Independent Learning. Creative Education, 05(10), 752–757. https://doi.org/10.4236/ce.2014.510088
Steers, R. M., Ungson, G. R., & Mowday, R. T. (1985). Managing Effective Organizations: An Introduction, Volume 1. 703. http://books.google.co.za/books/about/Managing_Effective_Organizations.html?id=k2haAAAAYAAJ&pgis=1
Sulisworo D., Sulistyo E.N., A. R. N. (2017). THE MOTIVATION IMPACT OF OPEN EDUCATIONAL RESOURCES UTILIZATION ON PHYSICS LEARNING. October, 120–128.
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING. 2(2).
Țurcanu, D., Siminiuc, R., & Bostan, V. (2020). The Impact of the COVID-19 Pandemic on the Use of Digital Technologies in Ensuring the Efficient e-Learning Process at the Technical University of Moldova. Creative Education, 11(10), 2116–2132. https://doi.org/10.4236/ce.2020.1110154
van Doremalen, N., Bushmaker, T., Morris, D., Holbrook, M., Gamble, A., Williamson, B., Tamin, A., Harcourt, J., Thornburg, N., Gerber, S., Lloyd-Smith, J., de Wit, E., & Munster, V. (2020). Aerosol and surface stability of HCoV-19 (SARS-CoV-2) compared to SARS-CoV-1. MedRxiv : The Preprint Server for Health Sciences. https://doi.org/10.1101/2020.03.09.20033217
Y. E., Arifianto dan Choiri, M. (2018). PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEBELAJARAN UTILIZATION OF E-COMMERCE IN LEARNING SMALL AND. 2, 77–85.
World Health Organization. (2020). Infection prevention and control during health care when novel coronavirus (nCoV) infection is suspected. Geneva: World Health Organization.