PENGARUH STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN 2020/2021

Main Article Content

Arwan Karier Harefa

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh status ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi. Obejek dalam yang dipilih adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telukdalam. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang sampel. Metode pengumpulan data diperoleh dengan pembagian angket kepada siswa. Setalah data diperoleh selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi sederhana yang dibantu dengan menggunakan SPSS 15.0 For windows Evaluation version. Sebelum melakukan pengumpulan data, kedua variable ( status ekonomi keluarga dan perilaku konsumsi) dalam penelitian telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil dari penelitan ini bahwa variable independen (status ekonomi keluarga) yang diajukan perpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa dan hipotesis Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa semakin baik status ekonomi keluarga, maka akan semakin baik perilaku konsumsi siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Harefa, “PENGARUH STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN 2020/2021”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 628, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Afiati, Bintana dan Kurniawan, Riza Yonisa. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS MAN Sidoarjo. Pendidikan Ekonomi 2(3). 1-17.
Basu Swasta dan Hani Handoko. (2012). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE
Dimiyati Mahmud (2009). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: BPFE
Kaare, Svalastoga. 1989. Deferensiasi Sosial. Jakarta: Bina Aksara
Richard, Lipsey dan Steiner, O.Pete. 1991. Pengantar Ilmu Ekonomi 1 Edisi Keenam. Rineka Cipta. Jakarta. 530 Hlm
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju.
Soerjono Sukanto. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo
Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. (2004). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh, Jakarta: PT Indeks
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alvabeta
________, 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alvabeta
________, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta
Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian – Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supranto. 2009. Statistik 2. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Svalastoga, Kaare. (2010). Diferensiasi Sosial. Jakarta : Bina Aksara
Tatik Suryani.(2008). Perilaku konsumen: Implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta:Graha Ilmu
Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia
Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada.
Weber, M. (1978). Economy and Society. Berkley : University of California Press
Winaryo, Kiki. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi – Universitas Negeri Yogyakarta.