GRAND DESAIN KEBIJAKAN STRATEGIS PEMERINTAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

I Gusti Ngurah Santika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai langkah atau kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan sebagai grand desain untuk upaya menghadapi revolusi industri 4.0. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa berbagai langkah atau kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan sebagai grand desain untuk menghadapi revolusi industri 4.0, yaitu (1) Kurikulum 2013 (K13), (2) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), (3) Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Article Details

How to Cite
[1]
I. G. Santika, “GRAND DESAIN KEBIJAKAN STRATEGIS PEMERINTAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 369-377, May 2021.
Section
Artikel

References

Adriantoni dan Fitrianis, 2018, Problematika Dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 31 Padang). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education – 5 (2), 111-112.
Alawiyah, Faridah. (2012). Kebijakan Dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Di Indonesia. Aspirasi, 3 (1), 87-101.
Arief, Barda Nawawi. (2006). Tindak Pidana Mayantara Perkembangan Kajian Cyber Crime di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti, Kun Setyaning. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Seni dalam Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Bambang dkk. (2014). Implementasi Kurikulum Pada Jenjang SD, SMP, SMA, Dan SMK Di Kalimantan Timur Tahun 2013/2014. ©Pancaran, 3 (4), 131-144.
Bashori. (2016). Manajemen Perubahan Kurikulum KTSP 2006 Ke- Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 1 Kediri. Jurnal LPPM, 4 (2), 94-106.
DPR RI. (2019). Laporan Kunjungan Kerja Spesifik Pelaksanaan Kurikulum 2013 Komisi X DPR RI Ke Provinsi Sulawesi Selatan Masa Persidangan I , Tahun Sidang 2014-2015, Tanggal 2-4 Desember 2014. Jakarta: DPR RI.
Haidar, Muslim. (2017). Peran Pendidikan Luar Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Sinergitas Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan –Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 16 September, (pp. 321-329).
Hasbullah, H.M. 2015. Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Rajawali Pers.
Indriani, Rakhmawati. Implementasi Kebijakan Pendidikan. Diakses pada 12 Juni 2020 melalui alamat https://indrycanthiq84.wordpress.com/pendidikan/implementasi-kebijakan-pendidikan/.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
. (2016). Pedoman Gerakan Nasional Literasi Bangsa Menciptakan Ekosistem Sekolah dan Masyarakat Berbudaya Baca-Tulis serta Cinta Sastra “Mari menjadi bangsa pembaca”. Jakarta: Bidang Pembelajaran Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Kusuma, Doni A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Marlina, Leny. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pendidikan. Stinbath, 15 (14), 123-139.
Mira Marleni, Pandie dan Ivan Th. J. Weismann. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makasar. Jurnal Jaffray, 14 (1), 43-62.
Muhardi. (2014). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa. 20 (4), 478-492.
Sahroni, Dapip. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1 (1), 115-124.
Sam, M. Chan dan Tuti T. Sam. (2007). Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional 1 Hukum dan Kewarganegaraan. 1 (1), 74-85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665
Santika, I. G. N. (2019). Presidensialisme Dan Problematika Mekanisme Impeachment Presiden Dan/Atau Wakil Presiden Berdasarkan UUD 1945 Pasca Perubahan (Perspektif Pergulatan Hukum Dan Politik). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 5 (1), 23-34. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18777
Santika, I. G. N. (2017). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Silkyanti, Fella. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. IVCEJ, 2 (1), 36-42.
Suwardana, Hendra. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Jati Unik, 1 (2), 102-110.
Prastowo, Andi. (2018). Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menuju Kurikulum 2013 Hingga Kurikulum Ganda). JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4 (2), 111-125.
Wardani, I.G.A.K. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13 (1), 32-44.
Wurianto, Arif Budi Wurianto. (2018). Pengembangan Pendidikan Vokasi Bidang Sosio-Humaniora Menghadapi Revolusi Industri Era 4.0. Makalah dipresentasikan pada Copyright Seminar Nasional Vokasi Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 14 November