GENRE-BASED LEARNING TO PROMOTE STUDENT’S CRITICAL THINKING IN INFORMAL EDUCATION

Main Article Content

Moh. Rismala Oikurema Purwati Ali Mustofa

Abstract

Penelitianini ertujuan untuk mempelajar ipenerapan pendekatan Genre-Based untuk mengembangkan pola berfikir kritis siswa di Edulab. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan secara mendalam dengan beberapa sumber informasi. Fenomena yang diteliti adalah implementasi dari lima langkah pendekatan Genre-Based dalam proses pembelajaran yang meliputi building the context, modelling and deconstructing the text, joint construction of the text,dan independent construction of the text. Disamping itu, penelitian ini juga menganalisis aspek cara berfikir kritis dari tulisan siswa. Pengambilan data melibatkan 1 guru bahasa inggris dan 5 siswa SMA dari masing-masing 2 kelas dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi berupa teks argumentasi yang ditulis siswa. Dengan mengimplementasikan semua step dari genre-based cycle dan strategi scaffoldingkemandirian siswa dalam menulis teks, pendekatan genre-based berjalan dengan sangat baik. Hasilnya menunjukkan siswa mampu memahami dan melatih menulis teks argumentasi tahapan demi tahapan. Disamping itu, penggunaan GBA menyebabkan guru menjadi lebih kreatif dan tertata. Disisi lain, siswa tidak hanya mampu untuk menjawa pertanyaan, tetapi juga mampu untuk menulis teks yang baik dengan kesadaran pentingnya bahasa inggris sebagai bahasa asing dan mampu untuk berkomunikasi menggunakan bahasa target.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Rismala, O. Purwati, and A. Mustofa, “GENRE-BASED LEARNING TO PROMOTE STUDENT’S CRITICAL THINKING IN INFORMAL EDUCATION”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 417-420, May 2021.
Section
Artikel

References

Davidson, B. (1998). A Case for Critical Thinking in the English Language Classroom. TESOL Quarterly,XXXII119-123
Carter, Carol, Bishop, J., & Krauits, S.L. (2002)Keys to Effective Learning. New Jersey: Prentice Hall
Hammond, J., Burns, ., Joyce, H., Brossman, D., & Gerot, L.. (1992) English for Special Purposes: A Handbook for Teachers of Adult Literacy. Sydney: NCELTR, Macquiarie University Press
Hyland, K. (2004). Genre and Second Language Writing. Ann Arbor: The University of Michigan Press
Kim, M. (2005). Genre Based Approach to Teaching Writing. Asian EFL Journal33-39
Hyon, S. (1996). Genre in Three Traditions: Implications of ESL. TESOL Quarterly, 693-722
Hyland, K. (2003). Genre-based pedagogies: A social response to process. Journal of second language writing, I, (12), 17-29
Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Essex: Pearson Education Limited
Kress, G. (1985). Linguistic Processes in Sociocultural Practice. Melbourne: Deakin University Press
Oshima, Alice, & Hogue, A. (1991). Writing Academic English 3rd Edition. New: YorkLongman
White, R., & Valerie, A. (1991). Process Writing. England: Longman House
creswell, J. w. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Approaches(4th ed). Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc
Feez, S., & Joyce, H. (1998). Text-Based Syllabus Design. Sydney: NCELTR, Macquire University Press
Derewianka, B. (2003). Trends and Issues in Genre-Based Approach. RELC Journal, 34-133
Heaton, J. B. (1975). Writing English Language test-New edition. New York: Longman Inc