PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

Main Article Content

Annisa Amalia Sabella Romiaty Romiaty Oktamia Karuniaty Sangalang

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan untuk melakukan penundaan tugas-tugas akademik yang digantikan dengan kegiatan lain di luar akademi. Berdasarkan data yang ditemukan saat observasi banyak siswa yang menunda tugas karena bermain game online hingga larut malam.Teknik pengumpulan data utama pada penelitian ini menggunakan angket penggunaan game online dan prokrastinasi akademik, sedangkan teknik pengumpulan data pendukung yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan game online siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya berada dalam kategori tinggi (10,4%),sedang (89,6%), dan rendah (0%). 2) Prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya berada dalam kategori tinggi (29,9%), sedang (62,7%), dan rendah (7,5%). 3) Hasil analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,718. Melihat taraf signifikasi 5% pada tabel r product moment dengan dk = n-2 = 67-2 = 65 diperoleh nilai 0,244 pada taraf 5%. Dengan kata lain, bahwa H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikasi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan game online terdapat prokrastinasi akademik siswa. Semakin tinggi penggunaan game online maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sabella, R. Romiaty, and O. Sangalang, “PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 501-505, May 2021.
Section
Artikel

References

Almujahid, Muhammad Reyzal. 2016. Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang. Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta
Budiarti, Lisna. 2019. Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Prestasi Nilai Hasil Belajar. Skripsi Sarjana, Universitas Pasundan. Bandung
Herawati, M. & Suyahya I. 2019. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. Vol.2. LPPM Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta
Kurniawan, Drajat Edy. 2017. “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.” Jurnal Konseling Gusjigang. Vol 3. No 1. Universitas Muria Kudus. Kudus
Mahardika, Yudha. 2019. Hubungan Antara Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Skipsi. Universitas Islam Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta.
Permatasari, Desy Intan. 2020. Terpaan Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Menengah Kejuruan Studi Pada Smkn 03 Batu Kelas II Pengguna Game Online Mobile Legend). Skipsi. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang
Safitri, Rezy. 2020. “Dampak Game Online PUBG Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa.” International Journal of Natural Science and Engineering. Vol 4. No 1.Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja, Bali.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualiatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triyono & Khairi Alfin 2019. “Prokrastinasi Akademik Siswa SMA(Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam.” Al- Qalam Jurnal Kependidikan. Vol 19. No 2. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur'an. Wonosobo.
Prayitno, Erman Amti. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT Rineka Cipta: Jakarta
Yusuf, Syamsu. 2017. Bimbingan & Konseling Perkembangan Suatu Pendekatan Komprehensif. PT. Refika Aditama: Bandung