EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP

Main Article Content

Marzuki Ahmad

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  tingkat  keefektifan  penerapan  Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM)  dalam  dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam membelajarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP. Jenis penelitian  ini  adalah  kuasi ekperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VII  SMP negeri 1 Padangsidimpuan.  Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  kelas  VII-1 sebanyak  19 orang yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan PBM dan kelas VII-9 sebanyak 24 orang yang dijadikan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran model biasa. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random  sampling.  Data  yang  dikumpulkan  terdiri  dari data  kemampuan berpikir kritis matematika siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data  respon  siswa  terhadap  perangkat  perangkat pembelajaran. PBM yang dilaksnakan memberikan deskripsi hasil penelitian  bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal dimana diperoleh ketuntasan klasikal siswa kelas eksperipen diatas 85% yaitu 89,47%. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah efektif, dimana semua aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dimana respon siswa terhadap semua aspek perangkat berada di atas 80% yaitu sebesar 95,53%. Selanjutnya diperoleh hasil bahwa penerapan PBM lebih baik dari pembelajaran model biasa

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ahmad, “EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 4, p. 34, May 2018.
Section
Artikel