HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI ESKLUSIF DENGAN PEMBERIAN ASI PERAH

Main Article Content

Nur Aliyah Rangkuti Rodiana Sinaga Yulinda Aswan

Abstract

Pemberian ASI pada Ibu Bekerja terhambat pada waktu menyusui karena intensitas pertemuan Ibu dan Bayi berkurang. Alternatif yang bisa ditempuh adalah pemberian ASIP. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan tentang ASIP dengan Pemberian ASIP pada Ibu Bekerja di Puskesmas Batangtoru Tahun 2020. Metode Penelitian bersifat Survey  analitik desain cross sectional dilaksanakan di Puskesmas Batangtoru. Populasi seluruh Ibu bekerja yang memiliki bayi usia ≥ 6 bulan sampel sebanyak 36 orang teknik Purvosive sampling. Hasil  Pengumpulan data dengan kuesioner dan uji statistic Fisher dan Continuity Correlation. Pada analisa bivariat didapatkan  p value < α, ada hubungan pendidikan dengan pemberian ASIP ( P value = 0,004) dan ada hubungan pengetahuan dengan pemberian ASIP (P value = 0,002). Kesimpulan ada hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu tentang asi eksklusif dengan pemberian ASI perah pada ibu bekerja.  Disarankan kepada Puskesmas meningkatkan Promosi kesehatan tentang ASIP agar ibu mau melakukan ASIP.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Rangkuti, R. Sinaga, and Y. Aswan, “HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI ESKLUSIF DENGAN PEMBERIAN ASI PERAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 719, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Almi. (2017). Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Jakarta: Trans Info Medika. Cadwell, K. (2015). Buku Saku Manajemen Laktasi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Azizya. (2017). Ibu Bekerja Ibu Menyusui. Diunduh pada tanggal 21 Juni 2016.
Azwar. (2017). Perbedaan Status Gizi Usia 0-6 Bulan Bayi yang Diberi ASI Eksklusif dan Tidak ASI Eksklusif Di BPS Suratni Bnatul Yogyakarta. Digilib UNISA Yogya . Kemenkes, RI. (2013).
Depkes, RI. (2017). Kebijaksanaan Departemen Kesehatan Tentang Peningkatan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Pekerja Wanita. Departemen Kesehatan Republik Indonesia .
Djamal. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan. (2018). Profil Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan.
Dewi. (2017). Inisiasi Menyusui Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta: Trans Info Medika. Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dulistiawati. (2017). Mengapa Seorang Ibu Harus Menyusui. Jogjakarta: Flashbook.
Handayani. (2018). Teori & Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Kadir. (2017). Tingkat Pengetahuan Tentang Penyimpanan ASI Pada Ibu Bekerja Di Asrama Polisi Kalisari Semarang Kecamatan Semarang Selatan. Diunduh pada tanggal 25 Maret 2016.
Marmi. (2017). Persepsi Ibu Bekerja terhadap Implementasi ASI Eksklusif (Kasus Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor). Bogor: Institut Pertanian Bogor
Maryunani. (2017). Alasan Tidak Diberikan Asi Eksklusif Oleh Ibu Bekerja Di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Diakses 11 Agustus 2020 dari http://www.pps.unud.ac.id/ tesis%20haryani%20(1292161024).pdf.
Mulyaningsih. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Penyimpanan ASI dengan Pemberian ASI Ekslusif Pada Ibu Bekerja Di Wilayah Kerja Puskesmas Bantul II Yogyakarta Thun 2014. Digilib UNISA Yogya . Wawan.
Monika. (2018). Buku Pintar ASI dan Menyusui. PT.Mizan Publika
Nurfarida. (2018). Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas tentang Pemberian ASI Eksklusif di RSIA Siti Fatimah Makassar Tahun 2010. Karya Tulis Ilmiah diajukan Sebagai Salah Satu Syarat dalam Menyelesaikan Pendidikan Program Diploma III Kebidanan UIN Alauddin Makassar
Notoadmodjo, S. (2017). Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoadmodjo. (2018). Metode Penelitian” Jakarta. Rineka Cipta
Kristiyansari. (2016). ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC.
Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI. Kemenkes, RI. (2017). Survey Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Ramaiah. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif Terhadap Pemberian ASI Perah Pada Ibu yang Bekerja Di RS. Mardi Rahayu Kudus. Journal Of Midwifery And Health .
Reber . (2016). Buku Pintar ASI Eksklusif. Yogyakarta: Diva Press F.B
Roesli, Utami. (2018). Mengenal ASI Eksklusif Seri Satu. Jakarta: Trubus Agriwidya
Hidayat, A A. (2016). Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Salemba Medika. Jakarta Selatan
Saryono. (2011). Metode Penelitian Kebidanan DIII, DIV, S1,S2 .Yogyakarta
Setiawan, Ari. (2010) . Metode Penelitian Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika