SIKAP INDONESIA DALAM MERESPON KONSEP INDO PASIFIK SERTA RELASINYA DENGAN KONDISI PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Ahmad Zaky Haidir Panji Suwarno Surya Wiranto

Abstract

Keamanan maritim menjadi hal yang urgent bagi Indonesia mengingat area kedaulatannya yang bersentuhan langsung dengan laut serta memiliki hubungan bilateral dengan negara-negara lain khususnya ASEAN dalam berbagai hal, baik diplomasi maupun pertukaran sumber daya. Dalam situasi pandemi Covid-19 tentu keselamatan nasional serta sektor-sektor yang terlibat dalam kemaritiman harus terjaga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk membahas efek Covid-19 terhadap keselamatan masyarakat Indonesia sesuai dengan konsep maritime security, khususnya matriks keamanan maritim oleh Bueger. Hasil dari penelitian ini adalah Indonesia harus menerapkan protokol-protokol yang perlu di lakukan berkaitan dengan keamanan nasional dan keamanan maritim dari segi ancaman pandemi, dengan menerapkan regulasi di pelabuhan dan penerapan aturan-aturan dalam pelayaran.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Haidir, P. Suwarno, and S. Wiranto, “SIKAP INDONESIA DALAM MERESPON KONSEP INDO PASIFIK SERTA RELASINYA DENGAN KONDISI PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 37-39, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Chen et al. (2014). New Perspectives on Indonesia: Understanding Australia’s Closest Asian Neighbour. Perth: Perth USAsia Centre
Christian Bueger. (2015). What is maritime security?. Marine Policy, 53,
Dr. Marsetio. (2014). Sea Power Indonesia Jakarta: Universitas Pertahanan
He, K., & Li, M. (2020). Understanding the dynamics of the Indo-Pacific: US–China strategic competition, regional actors, and beyond. International Affairs, 96(1), 1-7.
IMO MSC-MEPC.2/Circ.12/Rev.2. Revised Guidelines for Formal Safety Assessment (FSA) for use in the IMO Rule Making Process. International Maritime Organization, London, 9 April 2018.
Mahan, A.T. 2010. “Discussion of the Elements of Sea Power,” in The Influence of Sea Power Upon History, 1660 - 1783. Cambridge University Press, 2010
Muhammad Edrian, (2017). “Melihat Keamanan Maritim Indonesia Dari Ide Poros Maritim,” Jurnal Defendonesia 2, no. 2
Rosyada, K., Zulhatta, A. I., & Marsetio, M. (2020). Memajukan Keamanan Maritim pada Sektor keselamatan Laut dalam Menghadapi Penyebaran Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 489-501.
Sinta Herindasari. (2019). Fenomena Indo-Pasifik dan Diplomasi Indonesia. Jurnal Asia Pasifik Studies, vol. 3 no. 1
Tantowi Yahya. “Arti Penting ASEAN Outlook on Indo Pasific bagi Indonesia”. Diakses dari https://kumparan.com/tantowi-yahya/arti-penting-asean-outlook-on-indo-pacific-bagi-indonesia-1sXMNQs9MGy/full tanggal 29 September 2020 pukul 19.12