POLA ASUH PEMBINA PRAMUKA, PENGARUHNYA PADA DISIPLIN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Arih Merdekasari Renit Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pola asuh pembina pramuka terhadap disiplin siswa pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Imam Asy-Syafii. Pendekatan yang dipilih adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Informan terdiri dari satu guru pembina utama laki-laki, satu guru pembina utama perempuan, satu siswa laki-laki kelas lima dan satu siswa perempuan kelas lima.. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pola asuh pembina pramuka menggunakan pendekatan utama demokratis, yaitu menekankan adanya kesepakatan diawal kegiatan tentang aturan dan konsekuensi pelanggaran antara siswa dan Pembina. Pendisiplinan dilakukan secara konsisten melalui pembiasaan dan penggunaan tekhnik induction ketika siswa melakukan pelanggaran.  Pola asuh Pembina pramuka berpengaruh pada disiplin etika, ibadah dan belajar siswa di masa pandemi.  Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap disiplin siswa adalah self control  dalam penggunaan HP dan hubungan sosial. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam perumusan program  peningkatan disiplin siswa pada masa pandemi  Covid-19.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Merdekasari and R. Pratama, “POLA ASUH PEMBINA PRAMUKA, PENGARUHNYA PADA DISIPLIN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 530-536, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Adlya, S. I., Yusuf, A. M., & Effendi, M. (2020). The contribution of self control to students’ discipline. Journal of Counseling and Educational Technology, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.32698/0791
Anzalena, R., Yusuf, S., & Lukman. (2019). Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Jurnal Guru Pendidikan Sekolah Dasar, 12(2), 123–132.
Aslianda, Z., Israwati, & Nurhaidah. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 236–243.
Bintang, F. A. N., Azhali, B. A., & Pratama, G. C. (2021). Perubahan Lama Screen Time, Pola Tidur, dan Pola Makan pada Anak Sebelum dengan Setelah Kebijakan Belajar di Rumah. Prosiding Pendidikan Dokter, 7(1), 4. https://doi.org/10.29313/kedokteran.v7i1.26597
Gelles, L. A., Lord, S. M., Hoople, G. D., Chen, D. A., & Mejia, J. A. (2020). Compassionate Flexibility and Self-Discipline: Student Adaptation to Emergency Remote Teaching in an Integrated Engineering Energy Course during COVID-19. Education Sciences, 10(11), 1–23. https://doi.org/10.3390/educsci10110304
Junaedi, R. A. (2018). Model Kependidikan Kepramukaan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Paulo Freire. Jurnal Filsafat, 28(2), 220–252. https://doi.org/10.22146/jf.36824
Komalasari, A. F. D. B.. (2014). The Coaching Discipline Students Through Model Of Habituation In Daarut Tauhid Boarding School Bandung. JURNAL CIVICUS, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/civicus.v14i1.2907
Lisnawati, S. (2016). The Habituation of Behavior as Students’ Character Reinforcement in Global Era. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 413. https://doi.org/10.15575/jpi.v2i3.852
Mc Andrew, O. (n.d.). The Science of Daily Self-Discipline: Using Science and Daily Practices to Build Your Willpower, Self-Confidence, and Everyday Habits to Achieve Long-Term Goals (Science of Self-Help). Living Sublime.
Mehmet Ali, H., Muhammed, C., Mehmed, K., & Hatice, B. (2012). Encountered Disciplinary Problems in Elementary Schools Of a Low Socioeconomically Status District. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 502–511. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.530
Najmuddin, Fauzi, & Ikhwani. (2019). Program Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 183–205. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.430
Ni’mah, ’Umdatun, & Setyawan, D. A. (2021). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Penurunan Disiplin Siswa Selama Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 33=48-33=48. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss1.134
Nixon, E., & Halpenny, A. M. (2010). Children’s Perspectives on Parenting Styles and Discipline: A Developmental Approach: (530912013-001) [Data set]. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/e530912013-001
Power, T. (2013). Parenting Dimensions and Styles: A Brief History and Recommendations for Future Research. Childhood Obesity, 9, S14–S21. https://doi.org/10.1089/chi.2013.0034
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, Pub. L. No. 12 Tahun 2010, 1 (2010).
Prooijen, D., Hutteman, R., Mulder, H., Aken, M., & Laceulle, O. (2018). Self-control, parenting, and problem behavior in early childhood: A multi-method, multi-informant study. Infant Behavior and Development, 50, 41. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2017.11.001
Simba, N. O., Agak, J. O., & Kabuka, E. K. (2016). Impact of Discipline on Academic Performance of Pupils in Public Primary Schools in Muhoroni Sub-County, Kenya. Journal of Education and Practice, 7(6), 164–173.
Wiyani, N. A. (2014). Format Kegiatan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Di Madrasah Ibtidaiyah Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 148–168.
Yin, R. K. (2003). Case Study Research: Design and Methods. SAGE.