PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Lucyana Rahmi Alfurqan .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperimen dengan desain Pre Eksperimen Design: One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket sebanyak 28 perrtanyaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistika dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan sebelum menggunakan media audio visual, rata-rata klasikal kelas sebesar 68.16, sedangkan rata-rata klasikal kelas setelah menggunakan media audio visual sebesar 90.53, hal ini menunjukkan bahwa media audio visual mampu memberikan perubahan yang lebih baik 27.1% dibandingkan sebelum menggunakan media audio visual. Sementara dari analisis uji t-test diperoleh nilai t hitung = 35.386 > 2.0423 (t tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Rahmi and A. ., “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 580-589, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Ahmad Taufik Hidayat et al. (2021). Understanding Level of UIN Imam Bonjol Padang’s Lecturers towards the Privacy Policy Application Used in Academic Activities during the COVID-19 Pandemic Period. Journal of Physics: Conference Series, 1779.
Alfurqan, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Oleh Guru PAI SD Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. 3(2), 165–172. https://doi.org/10.15548/mrb.v3i2.2002
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Asra, & Sumiati. (2007). Metode Pembelajaran Individual. Rancaekek Kencana.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Gie, T. L. (2007). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa. Gadjah Mada University Press.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Surat Edaran Mendikbud nomor 4 Taun 2020, (2020).
Kusnadi, E. (2008). Metodologi Penelitian. Ramayana Press.
Undang – Undang No 20 Taun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Priyanto, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. CV Andi Offset.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Rayandra, A. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada.
Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Rineka Cipta.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2009). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. (2015). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. PT Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Suryani dan Hendryadi. (2015). No Title.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. UNP Press.
Gie, T. L. (2007). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Mendikbud nomor 4 Taun 2020. , (2020). Indonesia.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Pemerintah Republik Indonesia. Undang – Undang No 20 Taun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).
Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rayandra, A. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Asra, & Sumiati. (2007). Metode Pembelajaran Individual. Bandung: Rancaekek Kencana.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2015). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.