PENGEMBANGAN MEDIA KIT BENTUK MOLEKUL DIKELAS X SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Main Article Content

Yesy Palma Rachmat Saputra Maria Ulfah Rahmat Rasmawan Rody Putra Sartika

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran KIT  bentuk molekul yang valid dan mendapat respon yang baik dari peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode peneltian Reseacrh dan Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) dan pengembangan ini hanya menggunakan model ADDIE pada ADD (Analyze, Design, and Develop). Penelitian ini menggunakan 18 responden yang terdiri dari peserta didik X MIPA I, MIPA 2, dan MIPA 3. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tak langsung dengan instrumen pedoman wawan cara, kuisioner validasi dan kuisioner uji respon. Data yang didapatkan daari uji respon dianalisis menggunakan rumus persentase perpernyataan dan rumus persentase keseluruhan selanutnya dikatagorikan menggunakan skala likert.  Validitas media menggunakan rumus Content Validity Index yang akan menunjukan hasil validitas media valid. Validasi dilakukan dengan melihat tiga aspek, yaitu media, materi, dan bahasa dengan 3 validtor yang berbeda-beda setiap aspek. Instrumen yang digunakam berupa kuisioner yang telah divalidasi oleh 2 validator yang berbeda. Berdasarkan hasil validasi media KIT yang dikembangkan valid dengan nilai CVI 1 dan mendapat respon 92,4% dengan kriteria sangat baik berdasar skala likert.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Palma, R. Saputra, M. Ulfah, R. Rasmawan, and R. Sartika, “PENGEMBANGAN MEDIA KIT BENTUK MOLEKUL DIKELAS X SMA NEGERI 8 PONTIANAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 86-91, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dr. Benny A. Pribadi, M. (2014). Desain Berbasis Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. jakarta : Prenada media Grub.
Ernawati, N. F. (2019, January 23). Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Bentuk Molekul Di SMA Negeri 10 ABDYA. Dipetik February 10, 2021, dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh web site: http://library.ar-raniry.ac.id/
Evy Indriani, R. S. (2017). Pengembangan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran KHatulistiwa, Vol 6, No 10, Hal 1.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol.2, No.2, 174-175.
Nurina, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Siklus Belajar 5E Berbasis Kontruktivistik Pada Materi Sistem Sikulasi Manusia Untuk Kelas XI SMA. Malang: Universitas Malang.
Pribadi, B. A. (2014). Desain Berbasis Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada media Grub.
Prof.Dr.Azhar Arsyad, M. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Puslitjaknov, T. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Penelitian Kebijaksaaan Badan Penelitian dan Pengembangan.
Rahayu Widyanti, C. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajran KIT Pada Materi Kemagnetan Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas IX SMPN 1 Nguntoronadi. Jurnal Pendidikan IPA , 336.
Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Scientific, P. (2018, Januari 6). Pundak Scientific. Dipetik Mei 5, 2021, dari Pundak Scientific Web Site: https://www.pudak-scientific.com/detail_products.php?id=183
Seniwati. (2014). Pemanfaatan Media KIT Enzim Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XII IPA 5 di SMAN 1 Bontonopo . Jurnal Nalar Pendidikan , Vol 2, No 1, Hal 9.
Septiani. (2009). Penggunaaan Molymod Dari Tanah Liat Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tengtang Konsep Bentuk Molekul Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Muncak Tahun Pelajaran 2009/2010.
Shakina, A. (2020, Juli 6). Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Sabagai Sumber Belajar Pada Materi Bentuk Molekul Kelas X IPA SMA. Dipetik September 2020, dari uin-suska web site: http://repository.uin-suska.ac.id/27911/
Sudarmo, U. (2016). KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X. SURAKARTA: ERLANGGA.
Sudaryono. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan . Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudijono, A. (2021). Statistik Pendidikan . Jakarta : Rajawali Pres.
Supriyono, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 54.
Susilowati, E. (2014). Kimia Untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Yusoff, M. (2019). ABC Of Content Validation and Content Validity Index Calculation. Education in Medicine Journal, 49-54.