PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PEMBUATAN EKSTRAK INDIKATOR ALAMI ASAM BASA

Main Article Content

Nur Ainun Masriani . Rahmat Rasmawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan tingkat kelayakan dan respon guru terhadap pengembangan LKPD berbasis proyek pembuatan ekstrak indikator alami asam basa.Penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D diadaptasi menjadi 3D yaitu define,design dan development. Subjek penelitian adalah LKPD berbasis proyek dan respon 5 guru kimia di Singkawang dan Pontianak.Validator terdiri dari masing-masing 3 orang dosen yang ahli di bidang materi, bahasa dan kegrafikan. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar penilaian kelayakan media dan materi serta angket respon guru. Hasil pengolahan data menunjukkan LKPD berbasis proyek sangat layak digunakan dalam pembelajaran asam basa. Aspek dari kelayakan materi menunjukkan 94,99%, kebahasaan sebesar 95,53% dan kegrafikan sebesar 93,33% dengan semua aspek menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perhitungan angket respon guru terhadap LKPD berbasis proyek menunjukkan respon guru sangat baik dengan persentase sebesar 94,5%. LKPD berbasis proyek sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar guna mendukung pembelajaran asam dan basa.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Ainun, M. ., and R. Rasmawan, “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PEMBUATAN EKSTRAK INDIKATOR ALAMI ASAM BASA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 102-109, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 49–57.
Bahri, S., Zulkifli, H., & Madang, K. (2019). Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Merancang. 6(2), 62–69.
Budiono, J. D. (2014). Validitas Dan Kepraktisan Lkpd Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Materi Tumbuhan Spermatophyta Kelas X Sma. 3(3), 571–579.
Capon, N., & Kuhn, D. (2004). What’s so good about problem-based learning? Cognition and Instruction, 22(1), 61–79. https://doi.org/10.1207/s1532690Xci2201_3
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. Jakarta : Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional
Daji, Mulyasa, & Warta, W. (2019). Implementasi Sistem Sekolah Menengah Pertama. Ner, 1 Nomor 2(April), 57–64.
Fitria. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Jafnihirda, L., Diani, & Rini Sefriani. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis 3D Pageflip Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 45–54.
Jagantara, I. W. M., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Rahmatullah, S., & Fadilah, N. N. (2017). Lembar Kerja Berbasis Proyek Pada Pembuatan Krim Antijamur. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(2), 169–175. https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1881
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9734/4593
Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Jurnal VARIDIKA, 27(2), 208–215. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402





























Tiyana. (2018). Analisis Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas VII Smp. 1–10.
Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x
Uziak, J. (2016). A project-based learning approach in an engineering curriculum. Global Journal of Engineering Education, 18(2), 119–123.
Wedekaningsih, A., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.62
Widyasari, F., Indriyanti, N. Y., & Mulyani, S. (2018). The Effect of Chemistry Learning with PjBL and PBL Model Based on Tetrahedral Chemistry Representation in term of Student’s Creativity. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(2), 93. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i2.16638
Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemenasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa SMP Kelas VII. Pensa, 05(01), 38–45.