PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKANMETODEPEMBELAJARAN LURING YANG DILAKUKANGURU KELAS IV SDNEGERI 200511KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Khoiruddin Saleh Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran secara luring di Kelas IV  SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan dan untuk mengetahui respon siswa kelas IV dalam mengikuti proses pembelajaran IPS dalam menggunakan metode pembelajaran secara luring di SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan. Jenis penilitian ini adlah deskriptif kualitatif dengan melihat cara mengajar guru dan respon dari 14 orang siswa kelas IV SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara,observasi, dokumentasi dan angket.  Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian Penerapan pembelajaran IPS yang dilakukan guru dengan menggunakan metode pembelajaran luring di kelas IV SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan sudah cukup baik.Dilihat dari lembar observasi guru dari kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup.Media pembelajaran yang digunakan guru hanya buku sebagai media pembelajaran dan menggunakan benda-benda dan lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru selalu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa.  Pada sistem pembelajaran luring saat ini, tentunya guru harus memiliki solusi yang di perlukan dan lebih kreatif  dalam memberikan materi  saat proses pembelajaran itu terjadi.Hasil penelitian respon siswa kelas IV dalam mengikuti proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran luring di SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan kurang baik. Diperoleh dari hasil lembar wawancara dan angket siswa, rata-rata siswa kurang memahami materi IPS yang dijelaskan oleh guru dengan menggunakan metode luring pada saat ini.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Siregar, “PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKANMETODEPEMBELAJARAN LURING YANG DILAKUKANGURU KELAS IV SDNEGERI 200511KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 431-438, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Anwar, D. (2013). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.
Barizi, A.& Idris, M. (2009). Menjadi Guru yang Unggul; bagaimanamenciftakan pembelajaran yang produktif dan professional. Ar-Ruzz Media. Jakarta: Ar-Ruzz.
Bungin, M. B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, KebijakanPublik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Burlian, P. (2016). Patologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita. (2014). Psikologi Pekembangan Peserta Didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Bandung: Rosda.
Deby Erdriani, Dewi Devita. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Kuis Bingo Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ruang Vektor. Jurnal Sains dan Matematika Unpam. Vpl. 3, No. 1 (2020). hlm. 10
Fazar Budiyono. 2018. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Gapura Timur I Sumunep. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Volume 8(1). Juni. hlm. 61.
Fakhrurrazi. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir. Vol. XI No. 1, Juni. 2018. hlm. 85.


Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS. Filosofis, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, R. (2014). Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta.
Hapsa, (https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/metode-pembelajaran-mode-luring-sistem-pertahanan-tubuh-dan implikasinya-terhdap-penyebaran-covid-19/).
H. Abdul Lazim. 2018. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang Dengan Metode Time Token Pada Siswa Kelas VII.A SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Sosisal dan Pendidikan. Vol. 2, No. 1, hlm. 58
Mukminah, Hadi Wijaya, Hirlan. 2020. Problematika Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Mertak Tombok. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 5, No. 1 Januari 2021. hlm. 324.
Niken Sri Hartati, Andi Thahir dan Ahmad Fauzan. 2020. Manajemen Program Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid-19 New Normal. Journal of Education Management. Vol. 6, No. 2, hlm.98.
Rizki Ananda. 2017. Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah (JS).Vol 1 (2) Maret; hlm 66.
Siti Maesaroh. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember. hlm.155.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November . hlm.32-33..
Sirnayatin Titin Ariska. 2017. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal SAP. Vol. 1 No. 3 April 2017.
Vanya Nafisha H, Hodidjah, Momoh Halimah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-jenis Pekerjaan di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 2. 2017. hlm. 200.